Workshop Rencana Pembelajaran Semester Ganjil Tahun Ajaran 2020/2021 Polbangtan YoMa

Penyelenggaraan pendidikan berpedoman pada kurikulum yang telah ditetapkan. Ada beberapa hal pokok yang harus diperhatikan, antara lain :

  • Pendidikan tidak pernah diselenggarakan dalam keadaan hampa, dalam arti bahwa pengaruh lingkungan dimana usaha pendidikan diselenggarakan turut mewarnai substansi menyusun sistem pendidikan tersebut.
  • Pendidikan beroritentasi ke depan, karena pendidikan pada dasarnya adalah proses dimana mahasiswa dipersiapkan untuk menghadapi kehidupan nyata di kemudian hari dengan peranan yang lebih bertanggung jawab.
  • Pendidikan tidak bisa dipisahkan dari hasrat, arah perkembangan dan nilai hidup bermasyarakat.
  • Pendidikan sebagai suatu proses yang sadar tujuan, menyangkut keadaan awal dan akhir dapat juga dilihat sebagai proses transisi.

Keberhasilan proses belajar mengajar diperlukan adanya suatu ketetapan dan ketepatan dalam menentukan perangkat rencana dan pengaturan mengenai isi dan bahan pelajaran serta cara yang akan digunakan untuk mengajar sebagai pedoman dalam penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar. Hal ini tidak terlepas dari peran dosen yang secara langsung ikut menentukan jalannya proses belajar mengajar, terutama dalam penentuan program pembelajaran di Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang [Jurusan Peternakan]. Oleh karena itu diperlukan suatu perencanaan pembelajaran melalaui penyusunan dan pengembangan Rencana Pembelajaran Semester (RPS), Satuan Acara Perkuliahan (SAP), Acara Praktikum (AP) dan Satuan Acara Praktikum (SAPRA) dalam suatu workshop yang diselanggarakan selama 3 hari (11 – 13 Agustus 2020) di Ruang Sidang Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang.

Adapun narasumber Penyelenggaraan Persiapan Pembelajaran Semester Ganjil adalah Ir. Budi Prasetya, S.Pt, M.P, IPM dari Politeknik Negeri Jember dengan Materi : Teaching Factory di masa pandemi Covid-19, drh. Sri Mulyani, Manager Breeding and Hatchery PT. Januputra dengan mageri Manajemen Breeding and Hatchery Unggas di masa Pandemi Covid-19 serta Fredi Krisna Soraya, ST, MM dari Biro Keuangan dan Perlengkapan, Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian, dengan Materi : Aturan-aturan input dan output PNBP Teaching Factory Polbangtan

Tinggalkan komentar