Menu

Bincang Agribisnis “Sosialisasi Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab) Tahun 2017”

20161130_201135_resizedUntuk mengakselerasi percepatan target pemenuhan populasi sapi potong dalam negeri, Pemerintah melalui Kementerian Pertanian meluncurkan program Upaya Khusus Percepatan Populasi Sapi dan Kerbau Bunting (Upsus Siwab). Program ini telah dicanangkan oleh Menteri Pertanian (Mentan) Dr. Andi Amran Sulaiman di Waduk Gondagn, Lmaongan Provinsi Jawa Timur.

Upsus siwab mencakup dua program utama yaitu peningkatan populasi melalui Inseminasi Buatan (IB) dan Intensifikasi Kawin Alam (INKA).

  • Upsus Siwab bertujuan meningkatkan populasi ternak ruminansia besar dalam memenuhi kebutuhan produk ternak dalam negeri.
  • Upsus Siwab : Kegiatan yang terintegrasi untuk percepatan pupulasi sapi dan kerbau secara berkelanjutan.
  • Ternak Ruminansia Indukan : ternak betina bukan bibit yang memiliki organ reproduksi normal dan sehat digunakan untuk pengembanbiakan.
  • Ternak Ruminansia Betina Produktif : Ternak ruminansia betina yang organ reproduksinya masih berfungsi secara normal dan dapat beranak.

Demikian sekilas mengenai Sosialasi Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting yang disampaikan pada Siaran Pedesaan bincang agribisnis di Radio Fast FM yang disampaikan oleh Drs. Akimi, MM (Sekretaris UPP STPP Magelang/Koordinator Tim Monev UPSUS STPP Magelang) & Lutfan Makmun, S.ST, MP (Tim Monev UPSUS STPP Magelang)

Tinggalkan komentar