Menu

Diklat Inseminasi Buatan (IB) bagi Mahasiswa Tk. 3

Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Magelang, Jurusan Penyuluhan Peternakan merupakan salah satu lembaga pendidikan yang berperan dalam pembinaan keperibadian dan mental manusia yang mengarah pada peningkatan daya pikir, penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya dibidang peternakan. Untuk menghasilkan lulusan yang berkompeten, mahasiswa dituntut untuk tidak hanya tahu dan faham mengenai teori-teori yang diajarkan dibangku perkuliahan, namun diharapkan dapat terampil dalam penerapannya dilapangan atau dunia kerja. Oleh karena itu, salah satu upaya yang tepat untuk mencapai tujuan tersebut, Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Magelang, Jurusan Penyuluhan Peternakan  mengadakan Peningkatan Kompetensi Mahasiswa  yang berupa Pendidikan Pelatihan (DikLat) bidang Inseminasi Buatan (IB) yang dilaksanakan oleh mahasiswa semester VI.

IB_1

Kegiatan Peningkatan Kompetensi Mahasiswa bidang inseminasi Buatan (IB) dilaksanakan selama 22 hari, di mulai pada tanggal 25 januari 2018 s/d 15 februari 2018 di Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Magelang, Jurusan Penyuluhan Peternakan, dengan Tenaga Pendidik dan Pelatih dari Dosen STPP Magelang Jurusan penyuluhan Peternakan, Dosen FKH UGM, Badan Sumber Daya Manusia Daerah Jawa Tengah, Dinas Peternakan Provinsi Jawa Tengah dan Balai Inseminasi Buatan (BIB) Ungaran provinsi Jawa Tengah dengan jumlah peserta sebanyak 78 orang.

Peningkatan Kompetensi Mahasiswa bidang Inseminasi Buatan (IB) ini di buka secara resmi oleh Ketua Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Magelang, yang pada saat itu di wakili oleh bapak Ir. Sumaryanto, MM Selaku pimpinan bidang Penjaminan Mutu STPP Mmagelang. “dengan adanya kegiatan pendidikan pelatihan (DikLat) ini, dapat meningkatkan kompetensi/keterampilan  mahasiswa khususnya di bidang Inseminasi Buatan (IB) dan menjadi bekal bagi mahasiswa ketika terjun di masyarakat, oleh karena itu mahasiswa diharapkan dapat mengikuti kegiatan DikLat IB ini dengan sungguh-sungguh”  Ucap Ir. Sumaryanto, MM

Ib_2

Klasifikasi kegiatan Pendidikan Pelatihan (DikLat) bidang Inseminasi Buatan (IB) yaitu penyampian teori, praktikum di kandang (melakukan IB) dilakukan selama 10 hari dengan target peserta dapat melakukan IB sebanyak 50 ekor ternak sapi, tahapan ujian, dilakukan untuk menguji sejauh mana keterampilan peserta dalam melakukan Inseminasi Buatan, Magang (melakukan IB di ternak masyarakat), pserta yang mendapat kesempatan magang merupakan peserta yang telah di nyatakan lulus pada tahap ujian. (diahulhak)

Tinggalkan komentar