Menu

FASILITASI PRAKTIK KERJA LAPANG (PKL) MAHASISWA DI BP3K MODEL/ DESA MITRA/ WKPP/ GAPOKTAN/ KELOMPOK TANI

2Untuk dapat memperoleh  SDM Penyuluh Pertanian Ahli yang memiliki integritas moral, profesional, inovatif, kredibel dan berwawasan global serta memiliki etos kerja yang tinggi dalam membangun sistem penyuluhan pertanian di STPP Magelang, Pendidikan Program Diploma IV STPP dilaksanakan dengan sistem pendidikan Credit Earning System (CES) melalui pola pembelajaran yang menggunakan In and Out Campus Learning System.

Melalui sistem dan pola ini diharapkan mahasiswa memiliki waktu yang lebih banyak untuk mengasah kompetensinya melalui proses pembelajaran dalam kondisi nyata di lapangan, sehingga mampu menghasilkan penyuluh pertanian yang profesional yang mendukung tercapainya tujuan program revitalisasi penyuluhan pertanian.

Pada semester genap tahun akademik 2016/ 2017 mahasiswa STPP Magelang melaksanakan kegiatan Fasilitasi Praktik Kerja Lapangan (pra pendampingan). Kegiatan ini dilakukan sebelum mahasiswa melaksanakan kegiatan PKL terintegrasi Pendampingan Upaya Khusus Peningkatan Produksi Padi, Jagung dan Kedelai.  Kegiatan diawali dengan identifikasi wilayah dan dilanjutkan dengan rapat pertemuan antara dosen pembimbing, mahasiswa, gapoktan/ kelompok tani dan petani  sebagai salah satu bagian sosialisai prapendampingan.

Fasilitasi PKL dibagi menjadi dua tahap yakni Identifikasi wilayah tahap I dan pengurusan perijinan 20 Maret 2016 dan tahap II Identifikasi wilayah 31 Maret 2016. Lokasi pelaksanaan fasilitasi PKL dilaksanakan di 3 Kabupaten di Jawa Tengah, wilayah Kabupaten  Kebumen, Purworejo, Banjarnegara. Adapun kriteria lokasi PKL antara lain : 1). Sentra potensial pengembangan padi, jagung dan kedelai yang mendapatkan bantuan Gerakan Percepatan Pengelolaan Tanaman Terpadu (GPPTT); 2). Pengembangan Optimasi Lahan (POL); 3). Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier (RJIT) dan Perluasan Areal Tanam (PAT).

Kegiatan ini melibatkan 22 orang dosen dan  87 mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa Semester IV sebanyak 59 orang, mahasiswa semester VI sebanyak 28 orang. Tahap kegiatan ini antara lain : pembekalan, penyusunan proposal, pelaksanaan, pengakhiran, pelaporan, ujian PKL. Hasil yang akan dicapai dari kegiatan ini antara lain mahasiswa dapat : 1). Menyusun proposal PKL secara individu; 2). Mendiskusikan perencanaan PKL dengan anggota kelompok tani/ GAPOKTAN di WKPP dan dosen pembimbing; 3). Menyusun perencanaan pengawalan pembangunan pertanian.(UPPM STPP Magelang).

1

Tinggalkan komentar