Field Trip Mahasiswa STPP Magelang

Kegiatan Field trip Mahasiswa STPP Magelang dilaksanakan pada hari jumat tanggal 3 Desember 2012 yang dilaksanakan di PT. Sido Muncul Semarang. Dengan field trip sebagai metode belajar mengajar mahasiswa didik dibawah bimbingan dosen mengunjungi tempat-tempat tertentu dengan maksud untuk belajar. Hal ini sangat sesuai untuk meningkatkan pembelajaran menulis deskripsi karena dengan mendekatkan objek belajar dengan mahasiswa dan akan lebih memudahkan mahasiswa untuk menuangkan ide-ide kedalam tulisan.
PT. Sido Muncul merupakan industri jamu yang didirikan pada tahun 1951 oleh Ibu Rakhmat Sulistyo di kota Semarang. Seiring perkembangan industrinya maka pada tahun 1999 PT. Sido Muncul mendirikan pabrik baru yang dibangun diatas lahan seluas 40 hektar berlokasi di Desa Diwak, Bergas Kidul dan Ngempon, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang yang menjadikan PT. Sido Muncul sebagai industri jamu terbesar di Indonesia. Adapun produknya meliputi jamu, farmasi, makanan dan minuman. selain itu juga memproduksi pupuk organik dan herbafarm ternak yang dihasilkan dari limbah jamu tersebut. Dalam kesempatan ini mahasiswa STPP Magelang dapat pula mengetahui proses pembuatan produk pupuk bio organik Herbafarm dan Herbafarm Ternak. Peranan Pupuk Herbafarm: meningkatkan efisiensi pemupukan dan produksi tanaman, menguatkan batang tanaman dan memacu pertumbuhan tanaman, menambat N, melarutkan P, membantu serapan hara tanaman, memperbaiki sifat fisik, kimia, dan biologi tanah; dan mengurai residu bahan kimia di dalam tanah sedang Herbafarm Ternak dapat meningkatkan pertumbuhan bobot dan mempercepat masa panen ternak, dapat meningkatkan konversi ransum pakan,   sehingga dapat menghemat biaya produksi,  mampu meningkatkan daya imunitas ayam broiler terhadap penyakit, sehingga tidak memerlukan tambahan vaksin atau hormon, mampu mengurangi biaya produksi dan meningkatkan produktivitas daging hewan ternak sehingga dapat meningkatkan keuntungan finansial peternak.
Dengan melaksanakan field trip diharapkan mahasiswa dapat memperoleh pengalaman langsung dari objek yang dilihatnya, dapat turut menghayati tugas pekerjaan milik seseorang serta dapat bertanggung jawab. Mungkin dengan jalan demikian mereka mampu memecahkan persoalan yang dihadapi dalam pembelajaran. Selain itu dengan metode ini akan membuat mahasiswa lebih nyaman dan senang ketika pembelajaran berlangsung dan dapat melatih siswa untuk menggunakan waktu secara efektif.

Tinggalkan komentar