Forum Komunikasi Kelompok Tani Ternak Penghasil Daging Dalam Rangka Mensukseskan Swasembada Daging Nasional dan Diversifikasi Pangan

DSC_0026Selasa, 22 April 2014, Ketua STPP Magelang Drs. Gunawan Yulianto, MM, M.Si membuka secara langsung Kegiatan Forum Komunikasi Kelompok Tani Ternak Penghasil Daging dalam Rangka Mensukseskan Swasembada Daging Nasional dan Diversifikasi Pangan di Aula STPP Magelang.

Sesuai amanat Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2006 tentang Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan (SP3K), bahwa pembangunan pertanian (peternakan), perikanan, dan kehutanan yang berkelanjutan merupakan suatu keharusan untuk memenuhi kebutuhan pangan, papan, dan bahan baku industri; memperluas lapangan kerja dan lapangan berusaha; meningkatkan kesejahteraan rakyat khususnya petani, pekebun, peternak, nelayan, pembudi daya ikan,pengolah ikan, dan masyarakat di dalam dan di sekitar kawasan hutan; mengentaskan masyarakat dari kemiskinan khususnya di perdesaan; meningkatkan pendapatan nasional; serta menjaga kelestarian lingkungan.

Kelembagaan petani dapat berbentuk kelompok, gabungan kelompok, asosiasi, atau korporasi, difasilitasi dan diberdayakan oleh Pemerintah dan/atau pemerintah daerah agar tumbuh dan berkembang menjadi organisasi yang kuat dan mandiri sehingga mampu mencapai tujuan yang diharapkan para anggotanya (UU SP3K No. 16 Tahun 2006).

Dengan kelembagaan penyuluhan yang kuat di daerah maka dukungan pengawalan dan sinergi program-program pembangunan pertanian, perikanan, dan kehutanan oleh pemerintah, swasta, dan masyarakat diharapkan dapat dilaksanakan dengan baik. Salah satu program pembangunan yang memerlukan peran optimal dari kelembagaan penyuluhan di daerah, terutama kelembagaan penyuluhan di kecamatan yaitu 4 (empat) Sukses Program Pembangunan Pertanian meliputi: (1) Pencapaian Swasembada dan Swasembada Berkelanjutan, (2) Percepatan Diversifikasi Pangan, (3) Peningkatan Nilai Tambah, Daya Saing dan Ekspor dan (4) Peningkatan Kesejahteraan Petani.

Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Magelang merupakan salahsatu Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) milik Kementerian Pertanian yang mengemban tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu melaksanakan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. STPP Magelang ikut berperan aktif untuk mendukung program Kementerian Pertanian Republik Indonesia dalam rangka pencapaian swasembada daging, salahsatunya dengan menyelenggarakan Forum Komunikasi Kelompoktani. Dalam kegiatan ini, disinergikan dengan kegiatan yang ada di jurusab tentang penjelasan kepada pembimbing eksternal  Praktek Kerja Lapang (PKL).

Kegiatan Forum Komunikasi Kelompoktani dalam rangka mensukseskan swasembada daging nasional adalah kegiatan pertemuan yang pesertanya berasal dari unsur dosen STPP Magelang, kelompok tani dan para penyuluh pertanian lapangan dengan narasumber dan fasilitator berasal dari instansi terkait. Unsur peserta yang berasal dari Penyuluh terdiri dari koordinator BPP dan Penyuluh Calon Pembimbing Ekstern Praktik kerja Lapangan (PKL) mahasiswa semester II, IV, dan VI Jurusan Penyuluhan Peternakan STPP Magelang.

DSC_0042DSC_0062

Tinggalkan komentar