IMPLEMENTASI PASCA KEGIATAN KURSUS PEMBINA PRAMUKA MAHIR TINGKAT DASAR (KMD)

Racana Ir.Hadmadi STPP Magelang menyelenggarakan pembinaan karakter di bidang kepramukaan di beberapa Sekolah dasar yang berada di sekitar lingkungan STPP Magelang yakni:

  • SD Purwosari
  • MI Yakti Purwosari
  • SD Gelagahombo
  • SD Purwodadi

Kegiatan ini mulai dilaksanakan oleh anggota Racana Ir.Hadmadi Pangkalan STPP magelang pada tanggal 4 November  dan di lanjut kan pada tanggal 11 dan 18 november serta tanggal 2, 9, dan 16 desember 2017 kegiatan ini dilaksanakan oleh 20 anggota racana Ir.Hadmadi yang di bagi ke dalam empat team di empat sekolah.

Bapak Teguh Susilo,S.Pt,M.Si selaku Wakil Ketua III STPP magelang juga sekaligus pembina racana mengatakan “selain mater-materi kepramukaan yang di sampaikan oleh para anggota racana, kegiatan ini juga sekaligus kegiatan penyuluhan dalam bentuk lain” . yang salah satu diantara materi yang di sampai kan oleh kakak-kakak anggota racana kepada adik adik-peserta didik adalah materi mengenai menanam tanaman holtikultura dengan menggunakan media polybag.

Kegiatan pembinaan karakter ini pun langsung di dampangi oleh kakak-kakak pelatih pramuka dari Kwartir Cabang Kabupaten Magelang. selain menambah pengalaman , kegiatan ini juga merupakan tindak lanjut dari kegiatan kursus mahir dasar pramuka ( KMD ) yang setiap tahun nya di laksanakan kepada mahsiswa baru yang akan menuntut ilmu di STPP Magelang.

banyak pengalaman yang di dapat oleh mahasiswa STPP Magelang saat melatih pramuka di 4 SD ini, mulai dari suka duka nya mengajar anak – anak yang susah di atur dan masih senang bermain ini. Meskipun begitu terdapat pengalaman baru itu menjadi pembelajaran yang berharga bagi para mahasiswa.

Jadwal untuk mengajar di 4 SD ini bervariasi sehingga perlunya penyesuaian terhadap waktu mengajar, kegiatan di mulai dengan melaksanakan upacara pembukaan terpisah antara siaga dan penggalang karena pada tingkat sd terdapat 2 tingkatan yaitu siaga yang berusia 7 – 10 tahun dan tingkatan penggalang berumur 11 – 15 tahun yang artinya di SD tersebut terdapat 2 upacara yang di laksanakan bersama – sama.

Dilanjutkan dengan memberikan materi –  tentang pramuka dan dasar dasar pramuka sebagian SD – SD ini baru melaksanakan pramuka sehingga belum ada dasar dasar tentang pramuka sebelum datang nya pembina dari STPP Magelang. Hal tersebut tentunya di sambut baik oleh pihak sekolah karena merupakan pembelajaran yang menyenangkan adalah pramuka. Rentang waktu mengajar yang diberikan tergantung pada masing masing sekolah, paling lama adalah 2 jam mengajar yang di isi materi dasar dan materi yang berkaitan dengan penyuluhan.

Berikut adalah dokumentasi yang di abadikan dalam kegiatan pembinaan yang merupakan kegiatan lanjutan Kursus Mahir Tingkat Dasar yang di laksanakan tiap tahun nya di STPP Magelang. (Sumadis)

Tinggalkan komentar