Menu

Jalani Ramadhan Dengan Kinerja & Gaya Hidup Mulia

4Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1434 H, STPP Magelang menyelenggarakan kegiatan pembinaan rohani pegawai. Kegiatan dilaksanakan di Ruang Aula  pada hari Kamis, 11 Juli 2013 dan diikuti oleh seluruh pegawai STPP Magelang Jurusan Penyuluhan Peternakan, yang menghadirkan Pembicara dari Yogyakarta yaitu  Drs. HD. Irianto, MM (Inspirator Metamorphosis). Pada kesempatan itu beliau mengemukakan tentang  “JALANI RAMADHAN DENGAN KINERJA GAYA HIDUP MULIA”.

Definisi Gaya hidup mulia adalah gaya hidup yang aman selamat dan sejahtera dengan rumus tuhan yaitu seperti apa yang terdapat pada surat Al-Baqarah ayat 112  yang artinya  “……. Barang siapa yang menyerahkan diri kepada Allah, sedang ia berbuat kebajikan, maka baginya pahala pada sisi Tuhannya dan tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak pula mereka bersedih hati”.   Jelaslah, bagi orang yang berserah diri, ia tidak akan mengeluh atau protes kepada Allah atas ketentuan yang ditetapkan kepadanya. Tindakan yang dilakukannya hanya semata-mata karena taat mematuhi perintah-Nya belaka. Dia berlaku baik, bukan sebagai balasan karena orang telah berlaku baik kepadanya; tetapi kebaikan itu dilakukannya semata-mata karena Allah memerintahkannya untuk berbuat kebajikan. Pandangan batinnya telanjang sebagaimana adanya, tidak ada buruk sangka. Lirikannya tanpa disertai emosi, jiwanya tidak terguncangkan oleh adanya stimulan baik yang berasal dari dalam jiwanya sendiri, maupun yang berasal dari lingkungannya. Harapannya dengan segala tindakan kita selalu membuat keyakinan yang baik maka kita akan memperoleh kebaikan pula.

Mengapa berkinerja mulia ….. orang yang pekerja mulia adalah orang yang mempunyai motivasi tinggi yaitu  “ Kebutuhan naluriah manusia untuk menjadi yang terbaik, sesuai dengan maksimalisasi , kapasitas (daya tampung) dan kapabilitas (kemampuan) dirinya”.

Mengapa Motivasi yangUtama: (1) setiap orang memiliki 70 trilion kombinasi gen (2) hanya sekitar 5 – 10 % saja yang bekerja (3) pendekatan penuh antusiasme terhadap hidup. Prasangka baik dan cinta akan membawa kesuksesan dan mengaktifkan gen-gen yang masih tidur.  (Kazuo Murakami – Ahli Genetika).

Bagaimana mewujudkan Ultimate Motivation Bekerja: (1) Tetapkan tujuan yang ingin dicapai dengan jelas (fokus); (2) yakinkan diri bahwa kita mampu mencapainya dan (3) mulailah dan bertindaklah sesegera mungkin.

Dalam akhir pembinaan mental pegawai beliau menyampaikan mengapa kita harus bergaya hidup mulia karena kita semua sudah menjadi pegawai dan dibiayai oleh Finansial oleh karena itu gunakan Financial Net Worth (kondisi keuangan yang benar-benar bernilai) yaitu Finansial Assets (uang atau investasi yang menghasilkan daya beli) harus lebih besar Financial Liabilitas ( Utang atau kewajiban yang harus dibayar).

Tinggalkan komentar