Menu

Lokakarya Teknik Penelitian Ilmu-ilmu Pertanian bagi Dosen STPP Magelang

Dunia pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia, karena merupakan lingkungan tempat berlangsungnya proses pembentukan profesi melalui serngkaian proses belajar mengajar. Studi tingkat profesionalisme pada bidang pendidikan belum banyak dilakukan oleh akademisi. Posisi dosen dalam perguruan tinggi adalah kunci terdepan dan sentral terlaksananya proses pembelajaran sebagai seorang pendidik dan pencetak bekal-bekal sumber daya manusia.

 STPP Magelang Jurusan Penyuluhan Peternakan sebagai Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) mengemban tugas  yang disebut dengan TRI DARMA PERGURUAN TINGGI, yaitu melaksanakan kegiatan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat. Dalam hal ini Unit Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (UPPM) dalam kegiatannya melaksanakan 2 bidang, yaitu bidang penelitian dan pengabdian. Salah satu kegiatan yang akan dilaksanakan guna meningkatkan profesionalisme dosen sebagai tenaga pendidik adalah dengan melaksanakan Lokakarya Teknik Penelitian Ilmu-ilmu Pertanian bagi Dosen STPP Magelang dalam rangka peningkatan profesionalisme tenaga pendidikbagi Dosen

Dasar Hukum

            Landasan hukum yang digunakan sebagai dasar penyelenggaraan Lokakarya Teknik Penelitian Ilmu-ilmu Pertanian bagi Dosen STPP Magelang dalam rangka peningkatan profesionalisme tenaga pendidik  adalah :

  1. Keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 58 Tahun 2002 tentang Pendirian Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian Magelang.
  2. Keputusan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor 553/Kpts/OT.210/9/2002 tanggal 24 September 2002 tentang Organisasi dan Tata Kerja Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian Magelang.
  3. Keputusan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor 43/Permentan/Ot.140/10/2008 tanggal 8 Oktober 2008 tentang Perubahan atas Keputusan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor 553/Kpts /OT.210/9/2002 tentang Organisasi dan Tata Kerja Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian Magelang.
  4. Pedoman Akademik STPP Magelang.
  5. Renstra STPP Magelang Tahun 2010 – 2014

Materi

            Materi Lokakarya Teknik Penelitian Ilmu-ilmu Pertanian bagi Dosen STPP Magelang dalam rangka peningkatan profesionalisme tenaga pendidik  adalah sebagai berikut:

  1. Aplikasi Statistik dan Rancangan Percobaan pada Penelitian Peternakan
  2. Aplikasi Penelitian pada bidang Agribisnis Peternakan
  3. Aplikasi Penelitian pada bidang Penyuluhan Peternakan

Tinggalkan komentar