Menu

MAHASISWA STPP MAGELANG DUKUNG UPAYA SWASEMBADA DI KABUPATEN PURWOREJO

1 Dalam rangka pencapaian swasembada pangan disentra produksi pangan, untuk memenuhi kecukupan pangan khususnya beras yang berpengaruh terhadap berbagai aspek kehidupan, baik sosial, ekonomi, maupun politik. Berbagai upaya dilakukan, antara lain: perbaikan sarana irigasi tersier, pengadaan benih bermutu, mekanisasi, pengawalan produksi padi, program bantuan berupa fasilitas sarana produksi. Mahasiswa dan TNI AD membantu PPL di WKPP senantiasa membantu melalui pembinaan, pengawalan maupun pemantauan bersama berbagai pihak. Masalah utama yang dihadapi adalah menurunnya produktifitas lahan sebagai salah satu tantangan dalam penigkatan produktifitas padi saat ini.

Peran pembinaan, pendampingan dan pengawalan dilakukan PPL kecamatan dan pandampingan mahasiswa dari STPP Magelang serta dari pihak TNI AD khususnya diwilayah Kecamatan Pituruh, Kabupaten Purworejo diarahkan pada penerapkan teknologi budidaya secara tepat terutama penggunaan varietas unggul, pola tanam JARWO, dosis pupuk berimbang, pengendalian OPT serta pengurangan kehilangan hasil panen.2

Kegiatan ini dilakukan, di desa Ngandagan Kecamatan Pituruh, Kabupaten Purworejo sebagai salah satu desa potensial penghasil padi pada wilayah pendampingan. Pada saat masa tanam II tahun 2016, melakukan penanaman padi varietas ciherang dengan pola tanam jajar legowo 2:1 yang didampingi langsung oleh penyuluh pertanian setempat, BABINSA serta mahasiswa STPP Magelang. Penerapan JARWO ini diharapkan dapat memberikan produksi hasil yang tinggi dengan kualitas gabah yang lebih baik, sehingga nantinya dapat meningkatkan pendapatan petani serta diharapkan dapat mampu mencapai swasembada pangan 2017.

 

Oleh : SAIFUL ARNI

Tinggalkan komentar