Pemberian Vaksin Jembrana rangkaian pelayanan kesehatan ternak di Kecamatan Takisung

Pelayanan pemeriksaan kesehatan ternak di Desa Sumber Makmur berlangsung lancar. Kegiatan rutin dokter hewan dan para petugas teknis kesehatan hewan Kecamatan Takisung kali ini terlihat cukup ramai. Pasalnya, mahasiswa tingkat III STPP Magelang yang sedang bertugas dalam pengawalan dan pendampingan program APBN-P 2017 turut bergabung.

Rangkaian kegiatan pelayanan pemeriksaan kesehatan ternak meliputi  pemberian Vaksin Jembrana, pemberian vitamin B kompleks, serta pemberian obat cacing. Vaksin Jembrana diberikan sebagai upaya pencegahan penyakit Jembrana pada Sapi Bali yang banyak dibudidayakan di Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan.

Antusias peternak sangat tinggi. Jumlah sapi milik peternak sapi Desa Sumber Makmur yang diperiksa berdasarkan data yang terkumpul yaitu sebanyak 75 ekor. Adapun Teknis pemeriksaan yaitu para peternak mengumpulkan sapi di salah satu halaman rumah peternak yang memiliki kandang jepit, kemudian setiap sapi di data dan ditangani oleh dokter hewan dan inseminator setempat. Selain pemberian obat atau vaksin sebagai upaya pencegahan penyakit dan gangguan reproduksi, pelayanan pemeriksaan kebuntingan pada sapi juga dilakukan oleh para insemintaor.

Pelayanan pemeriksaan kesehatan hewan khususnya pada sapi yang telah di Inseminasi Buatan menjadi sangat penting. Hal ini dilakukan untuk memantau kondisi fisik ternak sekaligus reproduksinya. Pelayanan kesehatan ini sangat efektif untuk mendukung keberlanjutan dan sinkronisasi program SIWAB ( Sapi Induk Wajib Bunting). Pelaksanaan kegiatan yang sudah dapat berjalan rutin ini merupakan wujud sinergi atas semangat dan harapan semua pihak demi terselenggaranya sinkronisasi dan keberlanjutan program SIWAB di Kabupaten Tanah Laut sebagai sentra peternakan sapi di Provinsi Kalimantan Selatan. Selain itu, kehadiran mahasiswa yang turut andil di dalamnya diharapkan dapat menciptakan sinergi yang baik antara Civitas Akademika STPP Magelang dengan para petugas teknis kesehatan hewan setempat.(yoga)

#UpdateKalsel

#STPPMagelang

#PertanianOnTheTrack

 

 

Tinggalkan komentar