PEMBINAAN KEDISIPLINAN MELALUI PELATIHAN PROVOST BAGI MAHASISWA TINGKAT I JURLUHNAK STPP MAGELANG

Kegiatan pembinaan kedisiplinan merupakan kegiatan rutin tahunan dari Jurusan Penyuluhan Peternakan STPP Magelang, hal ini bertujuan untuk menumbuhkan kedisiplinan dan rasa kepemimpinan pada diri calon anggota provost. Kegiatan dilaksanakan mulai tanggal 24 sampai dengan 25 Maret 2017, dengan beberapa materi berupa materi klasikal dan praktik langsung oleh mahasiswa. Selain itu tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk menambah pengetahuan anggota mengenai tugas dan fungsi provost, melatih kemampuan fisik, mental dan rasa tangung jawab dalam mengemban tugas ketertiban kampus.

Dalam kegiatan ini STPP Magelang bekerja sama dengan POLSEK Tegalrejo sebagai pelatih dan nara sumber pelatihan pembinaan kedisiplinan mahasiswa. Kegiatan berlangsung selama 2 hari ini dikuti oleh 29 mahasiswa tingkat I dengan jumlah laki-laki 20 orang dan 9 orang perempuan. Kegiatan dibuka oleh Wakil Ketua II STPP Magelang Ibu drh. Yudiani Rina Kusuma, MP. Dalam sambutan Wakil Ketua II STPP Magelang menekankan arti penting tim provost sebagai salah satu instrument dari unsur mahasiswa sebagai satuan perangkat ketertiban dan kedisiplinan untuk senantiasa dapat melaksanakan tugas dengan optimal, rasa tanggung jawab serta kedislipinan tinggi.

AKP Sutrisno, SH. selaku Kepala POLSEK Tegalrejo dalam penyampaian materi menayangkan sebuah video motivasi tentang pelayanan dari bidang keamanan yang harus memiliki sikap transparan dan adil tanpa membeda bedakan SARA. Pada kesempatan selanjutnya AIPTU Karwadi memberikan materi tentang teknik dan dasar dasar PERDASPOL/PBB (Peraturan Baris Berbaris). Pada materi tersebut peserta dilatih untuk tanggap dan mampu menguasai semua teknik PBB baik gerakan di tempat maupun gerakan pada saat jalan. Walaupun sinar matahari sangat terik, peserta tetap semangat untuk melakukan latihan PBB, terlihat dari keseriusan dan suara keras mereka ketika menyanyikan yel-yel. Pemateri lain, AIPTU Puji Markuat menyampaikan dengan adanya kegiatan ini harapannya peserta mampu menjadi seorang anggota provost yang rendah hati, mudah berbaur dan mempunyai sikap displin serta rasa tanggung jawab yang tinggi, selain itu peserta diharapkan mampu menjadi teladan bagi teman temannya.

Tindak lanjut dari kegiatan ini yaitu menjadi anggota provost diharapkan mempunyai rasa tanggung jawab dan dedikasi tinggi serta senantisa melakukan latihan fisik setiap satu bulan dua kali bersama POLSEK Tegalrejo.

(Penulis: Raisha Rahmah-Rumah_Inovasi/ Editor: Lutfan Makmun)

Tinggalkan komentar