Menu

Pembukaan Peningkatan Kompetensi Bidang Paramedik Kesehatan Hewan Bagi Mahasiswa STPP Magelang Jurusan Penyuluhan Peternakan

Bertempat di Aula Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Magelang dilaksanakan Pembukaan Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Bidang Paramedik Veteriner, kegiatan tersebut dibuka oleh Teguh Susilo., S.Pt., M.Si selaku Waket III. Kegiatan peningkatan kompetensi mahasiswa bidang paramedik kesehatan hewan bagi mahasiswa program Diploma IV bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa tentang paramedik veteriner. Kegiatan ini diselenggarakan bekerja sama dengan Balai Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Jawa Tengah, Dinas Peternkan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah, Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Magelang, Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magelang.

Penyelenggaraan Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Bidang Paramedik Veteriner berlangsung dari tanggal 29 Januari sampai dengan 08 Februari 2018. Dengan peserta adalah mahasiswa semester IV STPP Magelang Jurusan Penyuluhan Peternakan sebanyak150 orang.

Materi peningkatan kompetensi mahasiswabidang paramedik kesehatanhewan terdiri dari materi kelompok umum, materi kelompok inti dan materi kelompok penunjang. Secara keseluruhan materi pelatihan berjulmah  92  jam  tatap muka, @ 45 menit.

Metode pelaksanaan peningkatan kompetensi mahasiswa, pelatihan paramedik veteriner dilakukan dalam dua bentuk, yang pertama adalah penyampaian materi teori dilaksanakan secara klasikal. Materi yang disampaikan secaraklasikal adalah materi kelompok umum dan kelompok penunjang. Penyampaianmateridilakukan dengan metode ceramah,diskusi, identifikasi dan demonstrasi. Metode yang kedua adalah metode praktek, materi yang dilaksanakan dengan metode praktikum adalah materi-materi kelompok inti, terutama materi teknis.

Kegiatan dalam praktikum antara lain pemeriksaan kesehatan hewan yang ada di lingkup laboratorium ternak di STPP Magelang, yang meliputi pemeriksaan hewan hidup dan pemeriksaan specimen, selain itu juga dilakukan praktek pembuatan preparat, pengobatan hewan, pemeriksaan mikroskopis, penanganan satwa liar dan lain-lain.Kegiatan praktikum dilaksanakan di laboratorium kesehatan hewan dan laboratorium ternak di STPP Magelang, selain kegiatan klasikal dan praktikum di laboratorium peserta juga melakukan kegiatan di Lapangan.

Pelatih dan fasilitator dalam peningkatan kompetensi mahasiswa, pelatihan paramedik kesehatan hewan bagi mahasiswa program diploma IV berasal dari :

  1. DPP IPAVETI Pusat
  2. Badan Diklat propinsi Jawa Tengah
  3. Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah.
  4. STPP Magelang Jurusan Penyuluhan Peternakan.
  5. Dinas Peternakan, Perikanan dan Pertanian Kota Magelang
  6. Dinas Peternakan, Perikanan dan Pertanian Kab Magelang

(atiks)

Tinggalkan komentar