PENDAMPINGAN BP3K DAN WKPP MODEL SEBAGAI DUKUNGAN SUKSESKAN UPSUS SIWAB

Sejalan dengan strategi pembangunan pertanian lima tahunan serta mengacu pada Paradigma Pertanian untuk Pembangunan (Agriculture for Development) yang memposisikan sektor pertanian sebagai penggerak transformasi pembangunan dan motor penggerak ekonomi nasional. Dalam NAWA CITA, agenda prioritas Kabinet Kerja mengarah pembangunan pertanian untuk mewujudkan kedaulatan pangan, agar Indonesia sebagai bangsa dapat mengatur dan memenuhi kebutuhan pangan rakyatnya sendiri secara berdaulat. Dalam sisi kualitas Sumberdaya Manusia, perhatian pemerintah fokus pada upaya secara berkelanjutan penyediaan SDM Pertanian yang berkualitas, salah satu agenda adalah regenerasi petani. Regenerasi pertani menjadi penting di tengah kesulitan mencari tenaga kerja yang mau terjun di bdang pertanian dalam bentuk regenerasi petani.

Pada tahun 2017 Kementeran Pertanian menitikberatkan pembangunan pertanian pada upaya regenerasi petani dan berbagai upaya strategis  pada komoditas pertanian potensial. Pada tahun 2017,  pemerintah menetapkan UPSUS SIWAB (Sapi Induk Wajib Bunting) sebagai upaya khusus percepatan populasi sapi dan kerbau bunting. Dengan upaya khusus ini sapi/ kerbau betina produktif milik peternak dipastikan dikawinkan, baik melalui inseminasi buatan maupun kawin alam.

STPP Magelang sebagai UPT BPPSDMP melakukan pendampingan untuk ikut mensukseskan program dengan mengawal dan mendampingi secara berkelanjutan melalui pendampingan dan pembinaan BP3K dan WKPP Model melalui materi kebijakan UPSUS SIWAB dan Pelaksanaan Teknis UPSUS SIWAB di 3 Kabupaten yakni Kebumen, Cilacap, dan Banyumas terdiri dari 15 Kecamatan dan 50 desa). Kegiatan belangsung pada bulan Juni hingga Juli 2017 yang melibatkan Dosen, Tenaga Teknis, Tenaga Administrasi dan Mahasiswa.

Dalam sambutannya Ketua STPP Magelang, Ir. Ali Rachman, M.Si. menyatakan “Kegiatan pendampingan BP3K Model dan Desa Mitra/ WKPP adalah bagian dari kegiatan membangun SDM Pertanian khususnya bidang peternakan untuk mewujudkan peningkatan kualitas SDM Pertanian dan ketersediaan tenaga kerja bidang peternakan yang handal dalam penyediaan pangan hewani.” .

 

Oleh : Tant Yanuar

Editor : Lutfan Makmun

Tinggalkan komentar