Peran Pendidikan Pertanian Dalam Rangka Regenerasi Petani Menuju Kedaulatan Pangan Nasional

1STPP Magelang menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema Peran Pendidikan Pertanian Dalam Rangka Regenerasi Petani Menuju Kedaulatan Pangan Nasional yang bertempat di Aula STPP Magelang, Rangkaian Seminar Nasional ini dibuka oleh Ketua STPP Magelang Ir. Ali Rachman, M.Si dan sebagai narasumber  Kepala BPPSDMP Kementerian Pertanian Ir. Pending Dadih Permana, M.Ec. Dev, Kadinas Pertanian Provinsi Jawa Tengah, Universitas Gajah Mada.

Kementerian Pertanian telah menetapkan sebelas arah kebijakan Pembangunan Pertanian tahun 2015 – 2019 dengan tujuan utama untuk mencapai keamndirian pangan yang kuat dan berkelanjutan sekaligus ramah lingkungan. Untuk mendukung tercapainya kemandirian pangan tersebut, telah dilakukan berbagai upaya, antara lain melalui pemberdayaan sumber daya manusia pertanian pada kawasan setra produksi sub sektor tanaman pangan, perkebunan, hortikultura dan peternakan yang meliputi 7 (tujuh) komoditas strategis nasional yaitu : padi, jagung, kedelai, cabai, bawang merah, tebu dan sapi potong.

Tujuan yang diharapkan dengan Seminar Nasional ini

  • Lebih meningkatkan kerjasama dan sinergisme berbagai pihak dalam mendukung program pendampingan di sentra produksi pangan dalam rangka meningkatkan produksi pangan nasional.
  • Mengevaluasi kinerja program pendampingan dan efektivitas program di tingkat lapang untuk terus meningkatkan system dan kinerja di tahun mendapat.
  • Mendorong percepatan penumbuhan wirausahawan muda pertanian dan regenerasi petani yang memiliki kompetensi dan daya saing.

21

 

 

 

 

 

 

 

35

Tinggalkan komentar