Polbangtan YoMa Bekali Mahasiswa Kompetensi Bidang Formulasi Pakan Ternak

Peningkatan kompetensi mahasiswa dalam bidang formulasi pakan merupakan salah satu alternatif dalam memberi bekal keterampilan terapan bagi para mahasiswa, khususnya mahasiswa program studi teknologi pakan ternak. Pakan berkontribusi 60 – 70% dari biaya produksi usaha peternakan. Oleh karena itu formulasi pakan yang tepat akan sangat menentukan keberhasilan suatu usaha peternakan. Formulasi pakan bertujuan mensuplai nutrisi yang meliputi energi, protein, vitamin, dan mineral sesuai kebutuhan ternak serta menekan biaya pemeliharaan. Upaya untuk mendapatkan formulasi pakan yang baik, perhitungan kebutuhan nutrisi ternak, pemilihan dan penggunaan bahan baku merupakan faktor yang mempunyai peranan penting.

Melalui kegiatan peningkatan kompetensi bidang formulasi pakan ternak, diharapkan mahasiswa mampu menyusun formulasi pakan least-cost formulation (sistem formulasi berbasis harga pakan termurah), sehingga lebih siap dalam menghadapi dunia usaha ataupun dunia kerja, setelah mahasiswa tersebut menyelesaikan pendidikan di Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Yogyakarta Magelang Jurusan Peternakan, oleh karena itu Politeknik Pembangun Pertanian Yogyakarta Magelang menyelenggarakan kegiatan peningkatan kompetensi mahasiswa bidang formulasi pakan ternak.

Tujuan kegiatan peningkatan kompetensi mahasiswa bidang formulasi pakan ternak adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan pengetahuan, keterampilan, sikap, dan kemandirian calon formulator pakan ternak.
  2. Menyediakan calon formulator pakan ternak yang mampu melaksanakan tugasnya dengan efektif, efisien, dan berhasil dalam menghasilkan formulasi pakan yang baik.

Waktu :

Penyelenggaraan kegiatan peningkatan kompetensi mahasiswa bidang formulasi pakan ternak dilaksanakan pada tanggal 6 – 19 September 2021 dengan jumlah 112 Jam Pelajaran @ 45 menit.

Peserta Pelatihan :

Kegiatan peningkatan kompetensi mahasiswa bidang formulasi pakan ternak adalah mahasiswa semester V Program Studi Teknologi Pakan Ternak sebanyak  34 mahasiswa.

Pelatih/Widyaiswara/Fasilitator

Pelatih/widyaiswara/fasilitator berasal dari Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu, Jawa Timur, dan dari Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang, Jurusan Peternakan.

Pola Pelatihan :

Pola pelatihan pada kegiatan peningkatan kompetensi mahasiswa bidang formulasi pakan ternak sebagai berikut:

  • Teori dan praktik di Kampus Polbangtan Yogyakarta Magelang
  • Praktik Kerja Lapangan di pabrik pakan unggas dan ruminansia

Metode Pelatihan :

Metode yang digunakan dalam kegiatan peningkatan kompetensi mahasiswa bidang formulasi pakan ternak adalah sebagai berikut:

  • Tanya jawab;
  • Brainstorming;
  • Diskusi;
  • Praktik; dan
  • Penugasan

Tinggalkan komentar