Menu

PWMP MELAHIRKAN WIRAUSAHAWAN BIDANG PERTANIAN

evaluasi -pwmp

 

Penumbuhan Wirausahawan Muda Pertanian (PWMP) merupakan salah satu inovasi Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) untuk melahirkan profil lulusan Lembaga Pendidikan dibawah Kementerian Pertanian yang unggul dan bermanfaat ketika terjun di lapangan.  Tanggal 8-10 desember 2017, STPP Magelang menyelenggarakan Rapat Evaluasi Kegiatan PWMP bertempat di Atria Hotel Magelang. Rapat diihadiri oleh pembimbing kelompok mahasiswa yang mendapatkan beasiswa PWMP dari STPP Magelang dan SPMA H. Moenadi Ungaran, Kab. Semarang.

“Adanya PWMP ini diharapkan menjadi wacana baru di masyarakat, bahwa lulusan dari Sekolah kedinasan tidak hanya fokus untuk menjadi PNS, namun justru dapat menghasilkan profil lulusan yang siap terjun dilapangan untuk menjadi entepreneur dibidang pertanian dan peternakan bahkan juga dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat disekitarnya.” Tutur Ir. Ali Rachman, M.Si dalam sambutannya. Tak hanya itu, Kabid Penyelenggara Pendidikan BPPSDMP Kementan juga turut hadir menjadi narasumber pada kegiatan ini. “PWMP dapat menjadi salah satu ajang pembelajaran dan dapat memacu kemandirian mahasiswa untuk terjun di lapangan.” Tutur Dr. Bambang Sudarmanto, S.Pt, MP.

Dalam laporan hasil kegiatan mahasiswa yang dipaparkan oleh masing-masing pendamping, terdapat banyak hasil-hasil pwmp oleh mahasiswa yang sudah beredar di masyarakat. Tidak hanya itu, masyarakat merespon dengan baik hasil produksi mahasiswa. Selain produk yang bagus adanya PWMP ini mendorong adanya usaha yang begerak di sektor off farm (pengolahan hasil, penunjang usaha pertanian),  adanya pendapingan secara rutin kepada mahasiswa oleh Mentor/pakar yang berhasil dibidangnya, membuat mahasiswa bersemangat dalam melaksanakan kegiatan kewirusahawan ini.  Harapan kedepannya, kegiatan PWMP ini wajib memiliki teknologi baru Hasil kajian/Penelitian pribadi atauppun pihak lain. (tantyanuar)

Tinggalkan komentar