Menu

PWMP MENJADI SALAH SATU SOLUSI SDM DI SEKTOR PERTANIAN

Sektor pertanian saat ini dihadapkan pada tantangan menurunnya minat para pemuda . Rendahnya jumlah tenaga kerja terdidik yang bekerja di sektor pertanian dan dengan semakin terbukanya akses khususnya pendidikan sarjana pertanian, maka pemberian bekal kepada peserta didik dalam aspek teoritis maupun praktis secara proporsional penting dilakukan. Pendekatan teoritis atau konseptual kepada peserta didik untuk memberikan kesempatan mengembangkan daya nalar dan analisisnya memecahkan permasalahan atas fenomena yang ada. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut dilakukan melalui penumbuhan wirausahawan muda pertanian. Kegiatan Penumbuhan Wirausahawan Muda Pertanian angkatan pertama pada saat ini tahun 2017 merupakan tahap lanjutan atau pengembangan. Untuk itu perlu dipersiapkan pembimbing yang telah mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek ) PWMP Tahap Pengembangan.

Bimbingan Teknis PWMP tahap Pengembangan dilaksanakan pada tanggal 7-8 September 2017 bertempat di STPP Magelang Jurluhnak. Peserta PWMP terdiri dari mahasiswa yang mendapatkan beasiswa Pengambangan Wirausahawan Muda Pertanian tahun 2016 yang memsuki tahapan pengembangan berjumlah 58 orang.
Bimtek ini berada dalam tahap Pengembangan yaitu dimana perlu adanya bimbingan lanjutan dari dosen ahli yang telah mengikuti ToT PWMP , sehingga peserta perlu diarahkan lebih mendalam mengenai PWMP baik di lapangan maupun di kelas. Tahapan pertama merupakan tahap penyadaran dan penumbuhan, yang kegiatannya meliputi persiapan, sosialisasi, seleksi, pembekalan, penyusunan business plan, pelaksanaan wirausaha dan pendampingan yang sudah dilaksanakan pada tahun pertama. Sedangkan tahap kedua merupakan tahap pemandirian yang kegiatannya meliputi lanjutan pelaksanaan wirausaha, evaluasi kegiatan usaha, rencana pengembangan usaha, bimbingan teknis jaminan mutu produk, pendampingan dan temu inovasi wirausahawan muda pertanian yang juga sudah dilaksanakan pada tahun kedua. Bimtek kali ini merupakan tahap pengembangan wirausaha yang kegiatannya meliputi lanjutan pelaksanaan wirausaha, pengembangan jejaring usaha, pendampingan dan pemberian penghargaan yang merupakan tahap an akhir di tahun ketiga para peserta mahasiswa. Harapannya dengan adanya PWMP ini akan tumbuh lebih banyak lagi jiwa-jiwa muda yang terjun di sektor pertanian. (ty)

Tinggalkan komentar