Menu

PWMP Tumbuhkan Jiwa Wirausawan Muda (Monev PWMP)

Menumbuhkan jiwa kewirausahaan di kalangan generasi muda gencar dilakukan, salah satunya melalui program Penumbuhan Wirausahawan Muda Pertanian (PWMP). Sekolah Tinggi penyuluhan Pertanian (STPP) Magelang Jurusan Penyuluhan Peternakan menjadi institusi pendidikan yang terus berperan dalam pengembangan program Kementerian Pertanian (Kementan) ini.

Pada kegiatan monitoring dan evaluasi, STPP Magelang Jurusan Penyuluhan Peternakan  mendorong generasi muda menjadi wirausahawan bidang perternakan. Kegiatan PWMP harus dikelola secara optimal, sehingga dapat mengembangka n pendidikan pertanian/peternakan berbasis teaching factory. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Pembimbing, Panitia, Tim SPI dan Pajabat terkait di STPP Magelang.

Kegiatan monitoring dan evaluasi ini dilaksanakan di 19 Kelompok PWMP tahap pengembangan yang tersebar di Magelang dan Salatiga. Beberapa kelompok sudah secara aktif melakukan terobosan untuk pemasaran produk ke pasar, bahkan beberapa kelompok sudah mempunyai pelanggan tersendiri.

Setiap kelompok membuat rencana bisnis yang berbeda, bergerak di sektor peternakan.
Masing-masing kelompok mendapatkan modal usaha dari program PWMP sebesar 15 juta yang telah diterima pada akhir tahun 2016. Kegiatan usaha pertanian yang dijalankan oleh mahasiswa ada yang khusus penggemukan ternak, pengolahan, dan pemasaran hasil peternakan.  Pada PWMP tahap Pengembangan ini setiap kelompok didampingi oleh dosen pembimbing, total ada 5 pembimbing STPP Magelang Jurusan Penyuluh Peternakan.

Dosen bertugas mendampingi mahasiswa menjalankan usahanya, mendidik bagaimana cara memilih ternak yang akan dibudidayakan, cara pengolahan, memproduksi produk pertanian, hingga pemasarannya. Seperti untuk usaha penggemukan kambing dan domba, mahasiswa diajarkan memilih hewan yang baik dan benar dilihat dari warna kulit, umur, dan kondisi kesehatannya.  Program PWMP ini bagus sekali melatih mahasiswa belajar usaha, diharapkan setelah lulus mereka menciptakan lapangan kerja baru di sektor pertanian.

Program Penumbuhan Wirausahawan Muda Pertanian (PWMP) telah dicanangkan oleh Kementerian Pertanian sejak tahun 2016, PWMP tahun 2017 ini merupakan tahun kedua pelaksanaan. Program PWMP akan berlangsung selama tiga tahun lamanya, dibagi dalam beberapa tahapan yang terukur dan terkontrol pelaksanaannya. Tahun pertama masuk dalam tahap penyadaran dan penumbuhan. Tahap penyadaran meliputi persiapan, sosialisasi, seleksi, pembekalan berupa bimbingan teknis dan penyusunan rencana bisnis. Tahap penumbuhan, dimulai pelaksanaan wirausaha dan pendampingan. (red- yuni)

Tinggalkan komentar