Menu

SELEKSI PWMP STPP MAGELANG JURLUHNAK TA. 2017

20170209_110308Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian (Kementan) mendorong terciptanya sumber daya manusia pertanian yang terdidik dengan meluncurkan program penumbuhan wirausahawan muda pertanian. Program penumbuhan wirausahawan muda pertanian ini merupakan program dari BPPSDMP Kementan dalam rangka menghasilkan sumber daya manusia pertanian yang terdidik, mendorong mahasiswa untuk mau turun ke pertanian. Program tersebut telah dimulai tahun 2016 dengan melibatkan tujuh perguruan tinggi mitra, dan sembilan Sekolah Tinggi Penyuluh Pertanian (STPP) serta SMK-PP yang ada di bawah koordinasi BPPSDMP Kementan.

Program ini, akan berlangsung selama tiga tahun lamanya per angkatan, dibagi dalam beberapa tahapan yang terukur dan terkontrol pelaksanaannya. Tahun pertama masuk dalam tahap penyadaran dan penumbuhan. Tahap penyadaran meliputi persiapan, sosialisasi, seleksi, pembekalan dan penyusunan rencana bisnis. Tahap penumbuhan, dimulai pelaksanaan wirausaha dan pendampingan

Tahun kedua, lanjut dia, terdiri dari tahap kemandirian, dimana para peserta PWMP (Penumbuhan Wirausahawan Muda Pertanian) melanjutkan pelaksanaan wirausaha yang telah dirancangnya, mengevaluasi usaha, serta rencana pengembangan usaha.

Di tahun ketiga kita akan lihat kemandirian dan pengembangan rencana bisnis yang telah disiapkan oleh kelompok mahasiswa ini. Bisnis mandiri dan tentunya ada pendampingan. Guna memastikan rencana bisnis yang disiapkan bekerja optimal, akan ada tahap kompetisi yang bertujuan mendorong mahasiswa pertanian menjadi agripreneur yang berdayakan dan unggul.

STPP Magelang, pada hari kamis tanggal 9 februari 2017 telah dilaksanakan seleksi PWMP bagi mahasiswa. Seleksi terdiri dari 26 kelompok diberbagai jenis usaha terutama dibidang peternakan. Dari 26 kelompok akan dipilih 16 kelompok sebagai kandidat penerima beasiswa. Selanjutnya, dari 16 kelompok akan diadakan bimbingan teknik (bimtek) kemudian magang sesuai dengan komoditasnya dan tahap yang terakhir adalah menyusun bisnis plan kemudian pelaksanaan. (Dati/Yuni)

20170209_110043 20170209_110417

Tinggalkan komentar