Menu

Seminar dan Workshop Sectio Caesaria Pada Kambing/Domba di STPP Magelang

Bertempat di aula STPP Magelang diselenggarakan Seminar dan Workshop Sectio Caesaria pada kambing dan domba yang dihadiri oleh dokter hewan anggota PDHI Jawa Tengah III dan dokter hewan non anggota di sekitar wilayah PDHI Jawa Tengah III,

Maksud dan Tujuan : Meningkatkan kompetensi anggota cabang PDHI Jawa Tengah III melalui workshop sebagai Continue Education (CE) / Pendidikan Berkelanjutan.

Caesar atau “sectio caesaria” atau “pembedahan kaisar” adalah pengeluaran foetus, umumnya pada waktu partus, melalui laparohisterektomi (Pembedahan pada perut dan uterus), sebuah penyayatan pada dinding perut untuk mengeluarkan anak (foetus) pada sapi atau hewan-hewan lainnya. Bedah Caesar dikenal juga dengan bedah-C, dibutuhkan pada ternak-ternak dewasa dimana pada saat partus melalui vagina terlalu sulit (distokia) bagi induk atau berbahaya bagi kehidupan sang induk atau pada keselamatan anaknya atau apabila peternak berkeinginan supaya foetus dikeluarkan secara hidup.

Salah satu jenis pembedahan yang bias dilakukan pada kambing/domba jika dibutuhkan adalah pembedahan bagian reproduksi. Pembedahan pada daerah ini dilakukan untuk memperbaiki atau mengatasi masalah kesulitan yang terjadi pada alat reproduksi. Namun, juga perlu diingat bahwa pembedahan reproduksi haruslah sangat hati-hati karena merupakan yang sangat besar peranannya dalam perkembangan janin.

Oleh karena itu maka PDHI Cabang Jawa Tengah III berkerjasama dengan STPP Magelang menyelenggarakan workshop bagi dokter hewan anggota PDHI Jawa Tengah III dan dokter non anggota di sekitar wilayah PDHI Jawa Tengah III guna menambah wawasan dan ketrampilan dalam persiapan, indikasi, peralatan, obat, bahan dan teknik besah Caesar pada kambing/domba.

Tujuan

  1. Meningkatkan kualitas organisasi PDHI Cabang Jawa Tengah III melalui peningkatan kualitas sumber daya pengurus dan anggota.
  2. Menambah ketrampilan Bedah Caesar Pada Kambing/Domba guna peningkatan kualitas pelayanan jasa veteriner menuju standar pelayanan jasa yang memberikan kepuasan kepada pemakai jasa (client) dan kesejahteraan hewan (patient).
  3. Meningkatkan peran dan eksistensi dokter hewan anggota PDHI cabang Jawa Tengah III di wilayan kerjanya.
  4. Meningkatkan profesionalisme melalui peningkatan kompetensi sumber daya manusia anggota PDHI Cabangb Jawa Tengah III

 

by : Sumadis

Tinggalkan komentar