SOSIALISASI KADERISASI KEORGANISASIAN MAHASISWA

sosialisasi-1

 

Acara Sosialisasi Kaderisasi Keorganisasian Mahasiswa dimulai pukul 08.15 WIB. Usai mengisi daftar hadir, peserta sosialisasi memasuki aula dengan diiringi oleh penampilan dari tim hadroh STPP Magelang. Pembukaan dibimbing oleh pembawa acara. Dengan membaca basmallah sebagai tanda bahwa acara telah dimulai. Selanjutnya dilanjutkan dengan sambutan oleh Muhammad Dion Prasetyo selaku ketua panitia, dilanjutkan oleh sambutan Abim Amrullah Dwi Saputra selaku presiden BEM. Dan sambutan yang terakhir disampaikan oleh bapak Teguh Susilo, S.Pt., M.Si selaku Wakil Ketua III dan dilanjutkan dengan pemukulan gong sebagai tanda resmi bahwa acara telah dimulai. Selanjutnya sesi foto bersama dengan ketua panitia, wakil ketua III, tamu undangan , dan 2 anggota provos. Kemudian, acara selanjutnya yaitu pembacaan doa oleh saudara Ginanjar Pandu Firmansyah. Acara yang selanjutnya yaitu hiburan berupa tari Dayak yang dibawakan oleh tim tari STPP Magelang sejumlah 3 orang

sosialisasi-2

          Sesi inti dipandu oleh moderator I, yaitu saudara Farhan Nadhif Adha. Untuk membangkitkan semangat peserta, moderator memberikan sebuah yel yel untuk diteriakkan, yaitu Meningkatkan Integritas, melalui Organisasi Cerdas. Materi pertama yang disampaikan merupakan materi mengenai HIMAPPI ( Himpunan Mahasiswa Penyuluhan Pertanian Indonesia ). Materi ini disampaikan oleh Saudara Duta Allfalah, selaku perwakilan daerah HIMAPPI STPP Magelang. Dimana materi yang diberikan meliputi pengertian HIMAPPI, kepengurusan HIMAPPI hingga program kerja HIMAPPI. Kemudian acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh saudari Fika Asti Fanani selaku perwakilan daerah HIMAPPI STPP Magelang, dengan materi yang disampaikan yaitu mengenai PD (Perwakilan Daerah HIMAPPI). Kemudian untuk materi BPD HIMAPPI disampaikan oleh saudara Faiez Fajar Prasetyo. Setelah penyampaian materi selesai, maka dilakukan sesi tanya jawab. Terdapat 2 penanya pada sesi tanya jawab yang pertama, yaitu saudara Refa Andriansyah yang bertanya mengenai apa peran aktif anggota dalam HIMAPPI, dan pertanyaan dari saudara Abim Amrullah Dwi Saputra mengenai apa rencana yang akan dilakukan untuk mengaktifkan kegiatan daerah. Sesi tanya jawab ini diakhiri pada pukul 10.46 WIB, kemudian dilanjutkan dengan istirahat, sholat, dan makan hingga pukul 12.30 WIB.

            Pukul 12.30 WIB acara kembali dimulai dengan hiburan berupa penampilan grup band STPP Magelang. Pukul 12.57 WIB, dilakukan penyampaian materi yang kedua mengenai FMKI (Forum Mahasiswa Kedinasan Indonesia) dan ISMAPETI (Ikatan Senat Mahasiswa Peternakan Indonesia). Penyampaian materi sesi kedua ini dipandu oleh moderator 2, yaitu saudara Ibnu Mas’ud dan saudari Femi Pravita. Materi mengenai FMKI disampaikan oleh saudara Reza Fahriansyah Putra Dinata, selaku ketua FMKI. Materi yang disampaikan berupa pengertian FMKI, penjelasan mengenai PTK dan non PTK, program kerja FMKI. Kemudian penyampaian materi dilanjutkan dengan penyampaian materi ISMAPETI oleh saudara Muhammad Sandi Dwiyanto. Dimana materi yang disampaikan yaitu mengenai pengertian ISMAPETI, program kerja, kepengurusan ISMAPETI.

sosialisasi-3

            Sesi tanya jawab yang kedua dimulai pukul 14.30 WIB. Terdapat tiga orang penanya pada sesi kedua ini. Saudara Fajar Bagas Prasongko, mahasiswa STPP Magelang jurusan Jurluhnak, mengajukan pertanyaan mengenai startegi setelah lulus dari PTK tanpa ikatan sebagai pns. Kemudian pertanyaan selanjutnya yaitu dari saudari Fika Asti Fanani, mengenai gambaran pengelolaan keuangan dalam organisasi FMKI dan ISMAPETI. Dan pertanyaan terakhir dari Jon Kristanto, yaitu mengenai apa peran aktif ISMAPETI bagi mahasiswa peternakan.

            Aacara yang selanjutnya yaitu penyerahan plakat kepada perwakilan FMKI dan ISMAPETI serta penyerahan sertifikat kepada narasumber. Kemudian dilanjutkan dengan sesi foto bersama yang terdiri dari ketua panitia, perwakilan dari FMKI, ISMAPETI, dan HIMAPPI, ketua BPM, dan Presiden BEM. Penutupan dibimbing oleh pembawa acara dengan membaca hamdalah secara bersama sama. Sebagai persembahan terakhir dan pengiring berakhirnya acara, ditampilkan sebuah hiburan berupa penampilan dari band STPP Magelang. (Dion dkk)

Tinggalkan komentar