Menu

STPP Magelang diminta ikut sukseskan swasembada pangan

Kegiatan Pendampingan oleh mahasiswa STPP Magelang sudah berjalan selama 1 bulan, di lokasi pendampingan, mahasiswa dituntut untuk turut serta dalam segala bentuk kegiatan di lapangan bersama petani, peternak, dan penyuluh. Dalam rangka ikut mensukseskan program kementerian Pertanian program swasembada pangan, sekaligus untuk mengasah kompetensi mahasiswa.
Kebumen, merupakan salah satu kabupaten yang menjadi lokasi penerjunan pendampingan mahasiswa STPP Magelang, dengan sejumlah 30 mahasiswa yang dibagi di 3 kecamatan, yaitu Klirong, Petanahan dan Puring, sehingga setiap kecamatan terdapat 10 mahasiswa. Salah satu yang menjadi poin kegiatan pendampingan ini adalah sosialisasi sekaligus pengoptimalan Pemanfaatan Alsintan (Alat Mesin Pertanian) yang merupakan bantuan dari Kementerian Pertanian kepada kelompok Tani. “adanya alsintan dangat bermanfaat bagi petani, khususnya TR roda 4 dibandingkan TR roda 2, karena TR4 lebih cepat mengolah lahan dan struktur tanah lebih baik” ujar Purnomo, dari Kelompok Tani Karya Muda, Kec. Puring.
Belum lama ini, di Kec. Puring sendiri telah mengadakan Pesta Patok, yaitu kegiatan pengobatan ternak khususnya sapi dan kambing yang dilakukan setiap 4 bulan sekali, pada setiap desa. Kegiatan ini dilaksanakan di desa masing – masing dengan dibagi menjadi beberapa titik pengumpulan ternak yang akan diperiksa, jadi petani membawa ternaknya ke lokasi pesta patok. Pesta patok merupakan istilah lain seperti pukeswanling, pelayanan untuk pengobatan ternak masal.(retno asih)

Tinggalkan komentar