STPP MAGELANG JUARAI KTI 2016

unnamedJakarta. BPPSDMP mengadakan Lomba KTI tingkat STPP dan SPP yang berada dibawah Kementerian Pertanian. Bertempat di Gedung D kantor Pusat kementerian Pertanian tanggal 14 sampai dengan 16 Agustus 2016. Kegiatan Lomba KTI ini dibuka oleh Bapak Kepala Pusat Pendidikan, kemudian dilanjutkan dengan penyaringan makalah oleh Juri. Dari sebanyak 24 makalah, tersaring 6 judul dan 3 diantaranya dari STPP Magelang (2 makalah dari Jurusan Penyuluhan Peternakan dan 1 makalah dari Jurusan Penyuluhan Pertanian di Yogyakarta).

Setelah tersaring 6 judul, kemudian dilanjutkan dengan presentasi, untuk tingkat STPP diadakan di Ruang Gatra Gedung D. Presentasi dibawakan selama 15 menit, kemudian dilanjutkan dengan pertanyaan dan diskusi selama 30 menit. Penilaian dari sistematika presentasi 40%, dari pendalaman teori, kemampuan mempertahankan argumentasi 60%. Nilai akhir didapat dari penambahan nilai dari makalah peserta. Fokus penilaian pada orisinalitas, ketepatan teknologi, dan peluang penerapannya. Dari STPP Magelang Jurusan Penyuluhan Peternakan diwakili oleh Agung, Fabiana, dan Abim dan Humairy Cs.

Ruang presentasi sangat tertutup, dan hanya dihadiri oleh presenter dan dosen pembimbingnya. Agung cs mendapat urutan ke 3, sedangkan untuk Humairy mendapat urutan terakhir, yakni ke-6. Makalah yang dibawakan oleh Agung Cs tentang ‘Upaya Meningkatkan Produktivitas Itik Magelang Petelur (Anas domesticus) AFKIR menggunakan Ekstrak Hipofisa Katak’ sedangkan yang dibawakan oleh Humairy Cs tentang ‘Instalasi Biogas menggunakan Digester Plastik Polyethilene’’. Keduanya mempunyai kepercayaan diri yang tinggi dalam membawakan hasil presentasi makalah masing-masing. Pertanyaan dari para juri juga dapat dijawab dengan baik, salah satu juri  Prof Budi Marwoto menanggapi “Excellent” untuk pengetahuan Humairy tentang biogas, hal ini tentu sangat menjadi nilai plus untuk perwakilan STPP Magelang.

Pemenang diumumkan pada hari kedua yang dibacakan oleh Bapak Kepala Pusat Pendidikan dengan rincian : Juara: 1 STPP Medan, 2 STPP Malang, 3 STPP Magelang (agung cs), harapan 1 STPP Gowa, harapan 2 STPP Magelang (humairy), harapan 3 STPP Magelang (jogja). SMK PP Juara 1 Tlogosari Bondowoso, 2 SPP Bondowoso, 3 SPP Sari Aceh, 4 SPP Pelaihari, 5 SPP Tegal Ampel Bondowoso, 6 SPP DKI Jakarta. Hadiah selain Tropi dan piagam juara 1 mendapatkan uang 10jt, Juara II 8jt, Juara III 6,5jt Juara IV 5jt Juara V 5jt Juara VI 5jt.

Penutupan Lomba KTI diisi sambutan oleh Kepala BPPSDMP, pada sambutannya, bapak Pending Dadih Permana menyampaikan salut dengan STPP Magelang dan sangat terkesan dengan teknologi reproduksi dalam ayam dan praktek kewirausahaan mahasiswa saat kunjungan magelang. Beliau berharap bahwa pelaksanaan lomba tahun depan akan diperluas dan kemungkinan akan dibuat segmentasi kategori bidang terutama kewirausahaan agribisnis.

Oleh : drh. Pramu, M.Sc

editor : tantyanuar

Tinggalkan komentar