Menu

USAHA PEMANFAATAN LAHAN PEKARANGAN

 

 

 

 

 Bincang Agribisnis di Fast FM kali ini mengambil tema “Usaha Pemanfaatan Lahan Pekarangan” yang disampaikan oleh Dra. Nurdayati, MP dan Ir. Sri Rahayu, MM. Dalam pemaparan tersebut di sampaikan bahwa Pekarangan adalah sebidang tanah yang terletak di sekitar rumah tinggal dan jelas batas-batasnya, karena letaknya di sekitar rumah, maka pekarangan merupakan lahan yang mudah diusahakan oleh seluruh anggota keluarga dengan memanfaatkan waktu luang yang tersedia.

 Pemanfaatan  pekarangan yang baik dapat mendatangkan berbagai manfaat yaitu:

  1. Pemenuhan gizi keluarga : ada beberapa tanaman, ternak dan ikan yang dapat dipelihara di pekarangan dan menghasilkan makanan yang dibutuhkan keluarga. Seperti umbi-umbian sebagai sumber vitamin, sedangkan ternak dan ikan sebagai sumber protein dan lemak.
  2. Sebagai lumbung ternak : hasil dari usaha pekarangan dapat diambil sewaktu-waktu dan tidak ada musim pacekliknya.
  3. Tempat pendidikan bagi anggota keluarga
  4. Apotik hidup : pekarangan dapat ditanami berbagai tanaman obat yang berkhasiat, jika anggota keluarga sewaktu-waktu sakit dapat ditanggulangi sementara dengan obat yang ada di pekarangan.
  5. Menambah penghasilan : pekarangan yang dikelola dengan baik, hasilnya dapat dijual sebagai sumber pendapatan keluarga karena banyak jenis tanaman yang tidak membutuhkan lahan yang luas untuk membsudidayakannya.
  6. Sebagai tempat rekreasi keluarga : pekarangan yang ditata dan dirawat secara teratur akan memberikan keindahan dan rasa tentram bagi orang yang melihatnya.
  7. Sebagai plasma nutfah dan ragam jenis biologi

 

Bagaimana sebaiknya menata pekarangan ?

Pekarangan merupakan lahan disekitar rumah maka pemanfaatan pekarangan bukan hanya mempertimbangkan hasil, tapi juga perlu mempertimbangkan aspek keindahan. Penataan pekarangan dapat dilakukan dengan:

  1. Halaman depan (buruan): tanaman hias, pohon buah(bisa tabulanpot, bisa juga tanaman buah tapi yang tidak terlalu tinggi) tempat bermain anak, bangku taman, tempat menjemur hasil pertanian.
  2. Halaman samping (pipir) : tempat jemur pakaian, pohon penghasil kayu bakar, bedeng tanaman pangan, tanaman obat, kolam ikan, sumur dan kamar mandi.
  3. Halaman belakang (kebon): bedeng tanaman sayuran, tanaman bumbu, kandang ternak

Potensi Pengembangan

Jenis usaha yang dapat dilakukan dipekarangan kita sebaiknya disesuaikan dengan kesesuaian dengan daerah yang bersangkutan, peluang  pasar dan nilai guna:

  1. Tanaman Pangan: umbi-umbian, kacang-kacangan, sayuran, buah-buahan, bumbu-bumbuan dan obat.
  2. Tanaman bernilai ekonomi tinggi: buah, sayuran, hias (bungan potong, tanaman pot, tanaman taman, anggrek).
  3. Ternak: ternak unggas hias, ternak petelur, ternak pedaging.
  4. Ikan: ikan hias, ikan produksi daging, pembenihan dan lain sebagainya

Semoga dari hasil penyajian tersebut dapat bermanfaat bagi para petani/peternak

 

Tinggalkan komentar