Menu

WISUDA ALIH JENJANG PROGRAM D IV

Wisuda yang diselenggarakan pada tanggal 15 Maret 2011 bertempat di Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian Magelang Jurusan Penyuluhan Pertanian Yogyakarta bukan hanya sekedar seremoni tetapi merupakan peristiwa penting yang menunjukkan berakhirnya tugas layanan secara formal kepada mahasiswa STPP Magelang dalam rangka mengembangkan potensi mahasiswa menjadi insan yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berilmu serta siap mengamalkan ilmu sesuai dengan bidang keahlian dan memiliki kemampuan hidup mandiri. Lebih dari itu, wisuda adalah peristiwa penting untuk menandai batas antara tahapan kehidupan belajar dikampus dengan status mahasiswa dan tahapan kehidupan pengalaman ilmu di dunia kerja dan masyarakat dengan status sebagai lulusan. Wisuda adalah penanda awal tahap kehidupan seorang lulusan dalam merancang dan mengemban tugas mulia. Mahasiswa yang diwisuda sebanyak 140 orang  yang terdiri dari 60 orang jurusan penyuluhan peternakan dan 80 orang jurusan penyuluhan pertanian.
Ketua Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian Magelang Drs. Gunawan Yulianto, MM, M.Si dalam sambutannya mengingatkan bahwa IPK bahkan Ijasah yang nanti akan anda peroleh bukanlah segala galanya, jika tidak ditunjang oleh kinerja yang secara langsung dirasakan oleh para petani atas upaya penyampaian informasi terkait ilmu yang telah dimiliki. Oleh karenanya anda sebagai Lulusan STPP Magelang, anda harus bertekad untuk membayar harga kesuksesan dengan menjadi Insan yang bertaqwa kepada Allah SWT, bekerja keras, memiliki semangat yang tinggi, mampu menjadi Panutan dan pantang menyerah dimanapun anda bertugas.  Dengan bekal yang Saudara saudara peroleh di dunia kampus, saya percaya bahwa saudara akan berfikir logis dan rasional, serta mempertahankan idealisme, dalam menghadapi berbagai Permasalahan yang timbul, sehingga saudara mampu mengedepankan kepentingan jangka panjang daripada kepentingan sesaat, mampu megutamakan kepentingan masyarakat daripada kepentingan pribadi maupun golongan. Saya berkeyakinan bahwa saudara akan selalu berbuat yang terbaik untuk kepentingan bangsa dan negara yang kita cintai ini. Tantangan kehidupan saat ini dengan kondisi saat ini kususnya pembanguan pertanian telah menunggu saudara dengan segala permasalahan yang sedang melanda negara saat ini mulai dari kondisi iklim yang tidak menentu sampai dengan suhu politik di tanah air. Disinilah kehadiran sudara sangat diharapkan oleh masyarakat untuk menemukan jalan keluar dari segala persoalan yang terasa semakin komplek. Kami sangat berkeyakinan bahwa malalui idealisme saudara, melalui bekal kompetensi yang sudara peroleh selama mengikuti pendidikan di STPP Magelang Insya Allah sudara akan benar benar menemukan hasil menjadi pelopor dan penggerak pembangunan pertanian, menjadi pelopor dan penggerak bangsa dan negara sekaligus ikut mengharumkan nama baik Almamater yang kita cintai ini. Kami percaya, dengan semangat yang tinggi dan didukung dari berbagai pihak, STPP Magelang akan dapat meningkatkan pengabdiannya untuk meningkatkan kesejahteraan petani. Kami STPP Magelang selama ini telah menunjukan kiprahnya sebagai lembaga pendidikan tinggi yang telah memberikan konstribusi dalam membangun profesionalisme penyuluhan pertanjian. Disamping banyak alumni STPP yang telah berhasil membangun dirinya sebagai penyuluh pertanian yang andal andal dan profesional.

Dalam kesempatan ini Dr. Bambang Sudarmanto, S.Pt, MP menyampaikan orasi ilmiah di hadapan Senat STPP dengan judul “Strategi Penyuluhan Pertanian Dalam Menghadapi Iklim Ekstrim di Indonesia” selain itu perwakilan dari wisudawan/wisudawati menyampaikan sambutannya yang intinya adalah Bagi kami Wisuda merupakan simbol keberhasilan dari sebuah perjuangan dan pengorbanan kami selama 1 tahun dalam menempuh pendidikan di STPP Magelang. Keberhasilan yang kami peroleh ini tentunya bukan semata-mata hasil jerih payah dan kerja keras kami, melainkan juga dukungan dari STPP Magelang sebagai institusi beserta seganap unsur di dalamnya, serta dukungan doa dan pengorbanan istri / suami / anak atau orang tua kami. Oleh sebab itu, dalam kesempatan ini izinkanlah kami menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami menyelesaikan pendidikan kami di STPP Magelang. Selain simbol keberhasilan gelar Sarjana Sains Terapan yang kami sandang, merupakan suatu amanat sekaligus bermakna sebagai tantangan bagi kami untuk meningkatkan kinerja selaku Penyuluh Pertanian maupun petugas teknis lingkup pertanian. Meningkatkan kinerja adalah hal yang mudah untuk diucapkan, namun tentunya tidaklah mudah untuk mewujudkannya, apalagi di era Otonomi Daerah sekarang ini. Otonomi Daerah, semangatnya adalah untuk memotong birokrasi dalam melaksanakan pembangunan, namun kita semua tahu bahwa di bidang pertanian implementasinya tidaklah selalu berbanding lurus, Salah satu contoh adalah beragamnya wadah kelembagaan penyuluhan pertanian di berbagai daerah Kabupaten / Kota, padahal UU SP3K sudah mengamanatkan dengan jelas. Namun kita tidak boleh bingung, karena papaun nama kelembagaan kita,  seorang penyuluh  pertanian  pada  dasarnya adalah  aparat yang membangun pertanian, pendidik / penasehat yang mengabdikan dirinya untuk kepentingan petani nelayan beserta keluarganya.

Tinggalkan komentar