Menu

Program Studi Teknologi Produksi Ternak

VISI

Visi Polbangtan Yogyakarta Magelang adalah “Menjadi Politeknik yang menghasilkan sumberdaya manusia agrosociopreuneur yang unggul, berkarakter, profesional, dan inovatif bertaraf internasional tahun 2045”. Visi ini disusun sebagai turunan dari visi BPPSDMP 2020 – 2024, yaitu “Terwujudnya Sumber Daya Manusia Pertanian yang Profesional, Mandiri, Berdaya Saing, dan Berjiwa Wirausaha dalam Mewujudkan Pertanian Maju, Mandiri dan Modern.

Visi Prodi Teknologi Produksi Ternak adalah “Menjadi Program Studi yang menghasilkan sumberdaya manusia agrosociopreuneur yang unggul, berkarakter, profesional, dan inovatif bertaraf internasional tahun 2045 sesuai dengan capaian Pendidikan di Dalam Program Studi Teknologi Produksi Ternak”

MISI

Untuk mewujudkan Visi Polbangtan Yogyakarta Magelang serta mendukung Misi BPPSDMP tahun 2020 -2024, maka Polbangtan Yogyakarta Magelang menetapkan misi dalam tingkat Program Studi sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan Tridharma Perguruan Tinggi di tingkat prodi.
  2. Mengembangkan kelembagaan dan program studi bidang pertanian sesuai dengan kebutuhan perkembangan zaman.
  3. Menyelenggarakan nilai kejuangan sehingga terbentuk sikap pembiasaan untuk beribadah, berakhlak mulia, belajar terus menerus, berkarya, bermanfaat, bersahaja dan berkarakter di tingkat prodi.
  4. Meningkatkan kualitas dan kuantitas sumberdaya pendidikan di tingkat prodi sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terapan pertanian.
  5. Menjalin kemitraan dan jejaring kerjasama Pendidikan .
  6. Mengoptimalkan sistem manajemen administrasi umum dan Pendidikan di tingkat prodi

TUJUAN

Untuk mencapai misi yang telah ditetapkan, Polbangtan Yogyakarta Magelang menetapkan tujuan di tingkat prodi sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan pada Program Studi Teknologi Produksi Ternak untuk menghasilkan lulusan agrosociopreuneur yang unggul, berkarakter, profesional, dan inovatif
  2. Menyelenggarakan penelitian terapan bidang produksi ternak untuk menghasilkan rekomendasi pemecahan masalah dilapangan, bahan ajar, dan paket teknologi tepat guna.
  3. Mengembangkan pengabdian masyarakat untuk pemberdayaan fungsi dan peran kelembagaan pertanian, pelaku utama dan pelaku usaha agribisnis.
  4. Menyelenggarakan Program Studi Teknologi Produksi Ternak berdasarkan kebutuhan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DU/DI).
  5. Membentuk agrosociopreneur yang unggul, berkarakter, profesional, dan inovatif
  6. Meningkatkan kualifikasi sumderdaya manusia di tingkat prodi,
  7. Mengembangkan sarana dan prasarana pendidikan
  8. Mengembangkan kemitraan dan jejaring kerjasama untuk mendukung peningkatan kualitas dan kuantitas pelayanan tridharma perguruan tinggi di tingkat prodi.
  9. Mengembangkan pelayan administrasi Pendidikan di tingkat prodi.

SASARAN

Sasaran kinera Program Studi Teknologi Produksi Ternak Polbangtan Yogyakarta Magelang disusun berdasarkan dari fungsi Tri Dharma Pendidikan dan turunan dari Indikator Kinerja Utama (IKU) yang diemban dan tugas fungsi  BPPSDMP. Sasaran Kegiatan dan Indikakotor Kinerja Kegiatan pada tingkat prodi di Polbangtan Yogyakarta Magelang adalah sebagai berikut:

  1. Berperan aktif dalam melaksanakan penerimaan mahasiswa baru yang akuntabel dan kredibel
  2. Menyelenggarakan Pendidikan Program Studi Teknologi Produksi Ternak sesuai standar mutu pendidikan nasional.
  3. Menghasilkan lulusan Program Studi Teknologi Produksi Ternak yang unggul, berkarakter, profesional, dan inovatif sesuai kebutuhan jaman
  4. Menghasilkan penelitian terapan bidang produksi ternak dalam rangka memberikan rekomendasi pemecahan masalah dilapangan, bahan ajar, dan paket teknologi tepat guna.
  5. Melaksanakan pengabdian masyarakat untuk pemberdayaan fungsi dan peran kelembagaan pertanian, pelaku utama dan pelaku usaha agribisnis.
  6. Mengembangkan program studi berdasarkan kebutuhan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DU/DI).
  7. Mengembangkan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan di tingkat prodi.
  8. Mengembangkan karakter mahasiswa Program Studi Teknologi Produksi Ternak.
  9. Memenuhi kualifikasi SDM di tingkat prodi.
  10. Memenuhi sarana dan prasarana Pendidikan
  11. Menyelenggarakan program kemitraan dan jejaring kerjasama untuk mendukung peningkatan kualitas Program Studi Teknologi Produksi Ternak dan kuantitas pelayanan tridharma perguruan tinggi.
  12. Mengembangkan pelayanan administrasi Pendidikan.