Menu

Forum Komunikasi Kelompok Tani Ternak Penghasil Daging dalam Rangka Mensukseskan Swasembada Daging Nasional dan Diversifikasi Pangan

DSC_0049 Kamis, 20 Juni 2013, Ketua STPP Magelang Drs. Gunawan Yulianto, MM, M.Si membuka secara langsung Kegiatan Forum Komunikasi Kelompok Tani Ternak Penghasil Daging dalam Rangka Mensukseskan Swasembada Daging Nasional dan Diversifikasi Pangan di Aula STPP Magelang.

Dalam arahannya Menurut Undang – Undang No. 7 Tahun 1996 tentang pangan, dinyatakan bahwa swasembada adalah kemampuan negara dalam menjamin terwujudnya kemandirian pangan yang dihasilkan dari produksi dalam negeri. Program swasembada daging sapi tahun 2014 juga merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan ketahanan pangan hewani asal ternak berbasis sumberdaya domestik khususnya ternak sapi potong. Untuk mencapai keberhasilan program tersebut sangat tergantung kepada partisipasi masyarakat peternak sapi potong dan para pelaku peternak sapi potong lainnya.

Kementerian Pertanian pada tahun 2013 ini juga mempunyai program diversifikasi dan ketahanan pangan masyarakat, dimana program tersebut merupakan salah satu cara untuk menyandingkan beras dengan bahan pokok lain, karena konsumsi beras di Indonesia terbilang tinggi, padahal Indonesia kaya akan bahan pangan pokok selain beras. Perlu komitmen untuk mendorong dan memanfaatkan pelaksanaan pangan, karena adanya upaya untuk mengurangi penggunaan beras dan tepung terigu dalam mengolah pangannya agar produk-produk pangan lokal dapat dimanfaatkan dan dijadikan makanan yang memiliki citra rasa tinggi.

Tujuan kegiatan Forum Komunikasi Kelompok Tani Ternak Penghasil Daging Dalam Rangka Mensukseskan Swasembada Daging Nasional dan Diversifikasi Pangan adalah :

  1. Forum silaturahmi antara kelompok tani mitra STPP Magelang dengan penanggungjawab kelompok tani STPP Magelang.
  2. Forum Silaturahmi antara Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magelang, BP2KP Kabupaten Magelang dna BPPK yang ada di Kabupaten Magelang dengan STPP Magelang.
  3. Forum untuk evaluasi dan koordinasi kegiatan pemberdayaan kelompok tani
  4. Forum informasi dan peningkatan wawasan bagi para pengurus dan anggota kelompok tani mitra STPP Magelang

DSC_0098

Outcome kegiatan ini adalah :

  1. Peningkatan kerjasama antara Badan Penyuluhan pertanian dan Ketahanan Pangan, Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magelang dan STPP dalam memberdayakan kelompok tani, dimana setiap lembaga memberikan peran masing-masing sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya. BP2KP menyediakan kelompok tani sebagai tempat pemberdayaannya, Dinas Peterikan menyediakan anggarannya dan STPP menyediakan program pendampingan kelompok taninya.
  2. Peningkatan informasi dan wawasan kelompok tani yang menjadi mitra STPP dan dua lembaga di Kabupaten Magelang
  3. Silaturahmi antar kelompok mitra dengan komoditas yang sama dari STPP Magelang, BP2KP dan Dinas Peternakan dan Perikanan kabupeten Magelang demi peningkatan hubungan dan kesejahteraan petani
  4. Peningkatan peran serta STPP Magelang dalam pemberdayaan petani di Kabupaten Magelang.
  5. Mudahnya melakukan evaluasi dan koordinasi lebih lanjut dalam program pemberdayaan kelompok tani

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan komentar