Magelang (21/02/2019), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magelang menyelenggarakan program “KPU Goes To Campus” dalam rangka mensukseskan kegiatan pemilihan umum serentak 2019 dengan tema “Pendidikan Pemilih Pemilihan Umum 2019” di Auditorium Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang Jurusan Peternakan.

Sosialisasi ini diikuti oleh 140 peserta yang berasal dari perwakilan mahasiswa semester I hingga VIII  dari tiga prodi yakni Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan, Reproduksi ternak, serta Teknologi Pakan Ternak.

Teguh Susilo, S.Pt. M. Si. selaku wakil direktur III Polbangtan YoMa mewakili direktur utama membuka acara sosialisasi. Beliau menyampaikan arahan mengenai bagaimana kesinambungan antara mahasiswa untuk menjadi pemilih yang cerdas dan bijaksana. Setiap civitas akademika yang ada adalah sama haknya untuk memilih, yang membedakan adalah bagaimana insan milenial menyikapi uforia pemilihan umum ini terjadi, jangan sampai sebagai masyarakat akademik menyalahgunakan hak pilihnya.

Selanjutnya, dari pihak KPU Devisi SDM dan Permas Kabupaten Magelang Dwi Endys Mindarwoko sekaligus sebagai  narasumber menjelaskan dan menshare banyak hal mengenai pemilih dan dinamika pemilihan umum itu sendiri.

Dalam pemaparannya beliau menjabarkan mengenai peserta pemilihan umum, yang menarik adalah mahasiswa tidak sepenuhnya menerima materi sosialisasi tetapi ikut serta menjawab pertanyaan dari narasumber. Selain itu, hal mengenai syarat peserta pemilihan umum, tahapan teknis penyelenggaraan pemilu, hak memilih yang baik, daftar pemilih, daerah pemilih, serta sistematika pemilihan juga dikupas secara menyeluruh kepada mahasiswa.

Mahasiswa Polbangtan YoMa sangat antusias mengikuti kegiatan sosialisasi ini, hal ini dibuktikan dengan banyaknya mahasiswa yang mencoba menjawab pertanyaan dari narasumber, berbagi pengalaman mengukuti pemilihan umum serta bertanya kepada narasumber mengenai apa yang dirasa kurang jelas.

Dwi Endys Mindarwoko menyampaikan pesan kepada mahasiswa Polbangtan YoMa selaku pionir generasi muda di daerah Magelang untuk senantiasa menjadi pemilih yang berdaulat agar tercipta tatanan negara yang berdaulat. Pemilu adalah wadah bagi rakyat untuk menggantungkanharapan untuk hidup yang leih baik, mensukseskan program demi kemajuan Negara Kesatuan Republik Indonesia, selain itu bagi peserta sosialisasi diharapkan untuk senantiasa menyebarluaskan informasi sosialisasi yang didapat kepada khalayak luas khususnya masyarakat terdekat adar tidak salah dalam mengartikan pemilihan umum dan tugas kewenangan dari KPU sendiri. “Bersama Membangun Negara” begitu slogan penutup beliau. (PolbangtanYoMa/FikaAsti)

Tinggalkan komentar