Menu

Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD)

DSC_0018Setiap tahun ajaran baru, STPP magelang jurusan penyuluhan peternakan selalu mengadakan Program Pengenalan Akademik (PPA) bagi mahasiswa baru.PPA memuat antara lain materi Pengrenalan Kampus,out bond dan Kursus Pembina Pramuka Mahir tingkat Dasar yang sering disebut KMD.
KMD Merupakan wadah pembinaan Gerakan Pramuka yang antara lain memiliki makna : Membangun rasa tanggung jawab, disiplin,kebersamaan, memperteguh kesetiaan dan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia yang diimplementasikan dalam kegiatan keramukaan.
Dalam upacara pembukaan KMD disampaikan bahwa melalui gerakan pramuka dapat melakukan kreasi,improvisasi dan aplikasi kegiatan pertanian dan penyuluhan terhadap masyarakat.
Tentunya segala kegiatan yang menyangkut hajat hidup orang banyak perlu tanggung jawab,kedisiplinan, kebersamaan dan lain-lain, dan hal ini menjadi fokus didalam kegiatan KMD.
Tujuannya meningkatkan kecintaan peserta kursus kepada tanah air, persatuan dan kesatuan bangsa,Penghayatan Pancasila, serta meningkatkan keteguhan kesetiaan commitment terhadap Gerakan Pramuka, yang tercermin dalam dasa darma dan motto Gerakan pramuka ‘SATYAKU KUDARMAKAN DARMAKU KUBAKTIKAN ‘
Sasaran yang ingin dicapai dalam kegiatan KMD antara lain :

  • Mengembangkan dan memantapkan materi kegiatan peserta didik.
  • Meningkatkan kwalitas pengetahuan bagi perkembangan kepramukaan.
  • Menciptakan kegiatan yang menarik, menyenangkan, memotivasi dan memberi tantangan , namun masih dalam ranah asah asih asuh ( 3 A ).
  • Menjadi agen pembaharuan kepramukaan khususnya pada kegiatan Saka Taruna Bumi.

Dalam upacara penutupan bertindak sebagai pembina upacara adalah Ka Kwarcab Kabupaten Magelang dan didampingi Ketua STPP Magelang.memberikan selamat dan menggugah kesadaran peserta kursus akan tugas dan tanggung jawab sebagai seorang pembina pramuka.Tugas mulia yang cukup besar ,dengan sukarela membimbing, membina, mendampingi perkembangan jiwa dan intelektualitas calon pemimpin bangsa dimasa mendatang. Oleh : Kak Toni

Tinggalkan komentar