Menu

Lokakarya Pemberdayaan Masyarakat melalui Kelompok Tani Ternak dalam Mensukseskan Swasembada Daging Nasional di STPP Magelang

Kegiatan Lokakarya Pemberdayaan Masyarakat melalui Kelompok Tani Ternak dalam Mensukseskan Swasembada Daging Nasional yang dilaksanakan di STPP Magelang pada tanggal 22 s.d 23 Februari 2012, dengan peserta sebanyak 140 orang yang terdiri dari : (1) Ketua kelompok tani se Kabupaten Magelang sebanyak 21 orang (2) Ketua kelompok tani binaan STPP Magelang sebanyak 13 orang (3) Ketua kelompok tani FEATI sebanyak 15 orang (4) Koordinator BKP3K se Kabupaten Magelang sebanyak 21 orang dan Tamu Undangan sebanyak 70 orang.

Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Magelang merupakan salah satu Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) milik Kementerian Pertanian yang menyelenggarakan pendidikan Diploma IV program studi Penyuluhan Peternakan di Magelang, mendidik para Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) atau calon PPL, agar menjadi PPL yang handal, profesional dan berkarakter.  STPP Magelang ikut berperan aktif untuk mendukung program pemerintah dalam rangka pencapaian swasembada daging. Dalam mendukung program tersebut maka melalui Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (UPPM) menyelenggarakan kegiatan Lokakarya Pemberdayaan Masyarakat melalui Kelompok  Tani Ternak dalam Mensukseskan Program Swasembada Daging Nasional.

Kegiatan Lokakarya ini  bertujuan untuk membentuk pola pembinaan / pendampingan kelompok tani khususnya kelompok tani ternak sapi/kambing/domba dalam rangka mensukseskan swasembada daging nasional, dengan mensinergikan seluruh unsur baik dosen Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Magelang, para penyuluh pertanian dan aparat pemerintah daerah. Materi Lokakarya Pemberdayaan Masyarakat melalui Kelompok Tani Ternak dalam Mensukseskan Swasembada Daging Nasional adalah sebagai berikut:

  1. Peran Penyuluh Pertanian dalam Rangka Mensukseskan Swasembada Daging Nasional (sebagai narasumber dihadirkan dari Pusat Penyuluhan Pertanian )
  2. Perkembangan Mutakhir di Bidang Peternakan dalam rangka Mensukseskan Swasembada Daging Nasional (narasumber dari Balai Penelitian Ternak Bogor).
  3. Kebijakan Pemerintah Daerah untuk Menunjang Swasembada Daging Nasional ( narasumber dihadirkan dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Propinsi Jawa Tengah).
  4. Program Dinas Peternakan Kabupaten Magelang dalam Rangka Mensukseskan Swasembada Daging Nasional di Kabupaten Magelang (narasumber dihadirkan dari Dinas Peternakan Kabupaten Magelang).
  5. Eksistensi Kelompok Tani Ternak di Kabupaten Magelang dalam Rangka Mensukseskan Swasembada Daging Nasional (narasumber dari BPPKP Magelang).
  6. Pendampingan Program Agribisnis Pedesaan dan Pola Kerjasama dalam Rangka mensukseskan Swasembada Daging Nasional (narasumber dari STPP Magelang).
  7. Pembentukan Forum Komunikasi Kelompok Tani dan Fasilitator (narasumber dari STPP Magelang).

Output kegiatan dari pelaksanaan Lokakarya Pemberdayaan Masyarakat melalui Kelompok Tani Ternak dalam Mensukseskan Swasembada Daging Nasional adalah:

  1. Terbentuknya Pola pendampingan Program Agribisnis Pedesaan berbasis Swasembada Daging Nasional
  2. Terbentuknya Pengembangan Kerjasama STPP Magelang dan  Lembaga Penyuluhan  Kabupaten Magelang dalam rangka Swasembada Daging Nasional
  3. Terbentuknya Forum Komunikasi Kelompok Tani dan Fasilitator

Tinggalkan komentar