Menu

STPP MAGELANG GELAR KURSUS PEMBINA PRAMUKA MAHIR TINGKAT DASAR

Pembukaan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) bagi Mahasiswa Baru Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Magelang. Acara tersebut dibuka oleh Drs. H. Eko Triono, MM selaku Ketua Kwartir Cabang Kabupaten Magelang didampingi Ir. Ali Rachman, Msi selaku Ketua STPP Magelang, dengan ditandai Pemukulan Gong dan Penyematan tanda peserta sebagai dimulainya Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD).

Dalam sambutannya Ir. Ali Rachman, M.si selaku Ketua STPP Magelang : Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Magelang merupakan salah satu perguruan tinggi kedinasan yang berada dilingkup Kementerian Pertanian, seperti halnya perguruan tinggi yang lain maka setiap awal tahun akademik, STPP Magelang juga selalu menyelenggarakan kegiatan pengenalan akademik bagi mahasiswa baru.

             Pelaksanaan pengenalan akademik di STPP Magelang Jurusan Penyuluhan Peternakan dikemas dalam satu rangakaian kegiatan berupa Program Pengenalan Akademik yang didalamnya meliputi kegiatan peningkatan kedisiplinan, out bond dan Kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD). Pelaksanaan kegiatan PPA dan Kursus Dasar Pramuka dilaksanakan secara berurutan.

             Kursus Dasar Pramuka merupakan kegiatan yang sangat penting bagi mahasiswa baru di STPP Magelang, karena mahasiswa STPP akan selalu berinteraksi dengan masyarakat pertanian khususnya para petani. Hal tersebut sejalan dengan kaidah dan cita-cita gerakan Pramuka.  Mahasiswa STPP Magelang merupakan kader-kader gerakan Pramuka yang handal dan memiliki potensi untuk terus ditingkatkan kompetensinya.

             Gerakan Pramuka bertujuan mendidik anak-anak dan pemuda Indonesia dengan prinsip-prinsip dasar metodik pendidikan Kepramukaan yang pelaksanaannya disesuaikan dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan masyarakat, agar menjadi manusia yang berkepribadian dan berwatak luhur baik mental maupun spiritual, serta mempunyai budi pekerti yang tinggi, kuat dalam beragama, cerdas, terampil dan sehat jasmani dan rohaninya.

             Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Magelang yang merupakan wadah calon-calon pembina pramuka dengan keahlian khusus di bidang pertanian yang terwadahi pada Saka Taruna Bumi merasa perlu untuk membekali mahasiwa baru dengan keterampilan dasar tentang kepramukaan.  Untuk itu perlu diadakan Kursus Pembina Pramuka Tingkat Dasar bagi mahasiswa baru sebagai sarana untuk pembentukan pembina yang berkualitas.

Tujuan

Tujuan diselenggarakannya Kursus Dasar Pramuka bagi mahasiswa baru STPP Magelang Program Studi Penyuluhan Peternakan  adalah:

  1. Meningkatkan pengetahuan peserta sebagai pembina pramuka tentang pengertian dasar pendidikan kepramukaan, garis besar cara membina dan mengelola satuan pramuka di gugus depan.
  2. Meningkatkan pemahaman peserta tentang hakekat kepramukaan sehingga mampu memahami, menghayati dan mengamalkan prinsip dasar metodik pendidikan kepramukaan dan sistem among didalam kehidupan kampus dan masyarakat.

Tinggalkan komentar