Menu

Petani Milenial Garda Terdepan Pertanian Pencegah Covid 19

Kepala BPPSDMP Kementerian Pertanian Prof Dr Ir Dedi Nursyamsi MAgr menyatakan, pada situasi darurat virus korona (Covid-19) saat ini petani milenial harus bisa  menjadi garda terdepan dalam upaya pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat. Pangan berkualitas penting untuk menjaga imunitas tubuh. Ini berarti ketangguhan sektor pertanian termasuk bagian penting pencegahan pandemi korona.

Menurut Dedi, kondisi saat ini harus bisa menjadi peluang bagi pengusaha pertanian milenial, khususnya di bidang produksi on-farm seperti sayuran segar, buah-buahan, susu, telur, daging, kacang-kacangan, dan sebagainya. Sebab, produk pertanian tersebut merupakan sumber beberapa vitamin dan protein untuk meningkatkan daya tahan tubuh. “Manfaatkan teknologi untuk promosi dan memasok bahan pangan segar kepada masyarakat  melalui e-commerce. Untuk memperpendek supply chain (rantai pasokan),” sarannya melalui video conference

Saran Dedi sejalan dengan program Penumbuhan Wirausahawan Muda Pertanian (PWMP) Kementerian Pertanian. Sebagaimana telah dilaksanakan Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang (Polbangtan YoMa). Sejak lama Polbangtan YoMa terus mencetak petani-petani milenial.

Di antara penerima bantuan program PWMP lewat Polbangtan YoMa adalah tiga sekawan yang mendirikan usaha bersama Abita Domba Indonesia (Abita Farm). Mereka adalah Fatah Ansori, Mungguh Bimo, dan Agil Dwi Saputro. Abita Farm kini beromzet Rp 107 juta per bulan dengan bidang usaha penggemukan domba. “Yang penting suka dulu dengan apa usaha kita. Berani mencoba dan tak malu bertanya,” ujar Fatah.

Menurutnya, membangun passion dan team work merupakan sebuah tantangan. Apalagi saat ini sulit dijumpai anak muda yang mau menggeluti usaha pertanian. Karena mereka menganggap usaha pertanian kurang prospektif. “Padahal begitu banyak potensi yang luar biasa,” ujar alumnus Polbangtan YoMa Jurusan Peternakan itu.

Selain memanfaatkan media sosial sebagai sarana pemasaran, Abita Farm fokus menjual domba gemuk kualitas bagus. Untuk mendongkrak hasil, domba dijual kiloan. Fatah menjamin setiap domba hasil ternak Abita Farm bersih, gemuk, dan sehat. (*/yog)

 

Sumber : https://radarjogja.jawapos.com/2020/04/16/petani-milenial-garda-terdepan-pertanian-pencegah-covid-19/

Tinggalkan komentar