LOMBA KETERAMPILAN SISWA DI STPP MAGELANG

sexingSTPP Magelang menjadi tempat pelaksanaan Lomba Ketrampilan Siswa (LKS) tahun 2016. LKS tahun ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 4 Juni 2016. Seperti tahun-tahun yang lalu kegiatan rutin ini beberapa kali telah dilaksanakan di STPP Magelang baik pada tingkat kabupaten maupun tingkat propinsi. LKS tahun ini diikuti oleh peserta yang berasal dari siswa SMK Pertanian lingkup Kabupaten Magelang. Diantara peserta berasal dari SMKN Ngablak, SMKN Salam, SMKN Mertoyudan.

Kategori bidang lomba yang diikutsertakan diantaranya bidang pertanian, bidang peternakan, bidang perikanan, dan bidang pengolahan hasil pertanian. Masing masing kategori bidang lomba mewajibkan peserta mengikuti tiga tahapan lomba. Tahap pertama peserta mengerjakan soal teori yang disajikan dalam bahasa Inggris dengan jumlah 20 soal multipel dan 5 soal uraian dalam waktu 50 menit. Tahap kedua peserta wajib mengerjakan soal praktek. Tahap ketiga peserta mempresentasikan karya tulisnya di hadapan juri dalam bahasa Inggris pula. Pada kategori bidang peternakan soal praktek dibagi menjadi empat tahap. Tahap pertama peserta mengerjakan praktek brooding (persiapan pembuatan tempat untuk ayam umur satu hari/DOC). Tahap kedua peserta mengerjakan praktek pemanenan ayam. Tahap ketiga peserta mengerjakan seleksi DOC. Tahap keempat peserta mengerjakan sexing (pemisahan anak ayam berdasarkan jenis kelamin). Tahap kelima peserta mengerjakan vaksinasi. Tahap keenam peserta mengerjakan praktek bedah ayam untuk identifikasi organ.DSC08746

Peserta lomba yang menjuarai pada masing masing bidang berhak mewaliki Kabupaten Magelang untuk maju di tingkat propinsi. Dewanjuri pada masing-masing kategori berasal dari unsur dosen/ staf pengajar pada perguruan tinggi dan praktisi/ pakar di bidangnya. Khusus untuk kategori bidang peternakan yang menjadi juri adalah drh. Budi Purwo, MP dan drh. Pramu, MSc yang berasal dari dosen/ staf pengajar STPP Magelang serta Ir. Yudha Kartika yang berasal dari praktisi. Yang berhasil menjuarai pada ketegori peternakan adalah siswa dari SMKN Ngablak dan berhak mewakili Kabupaten Magelang pada lomba di tingkat propinsi pada bulan September mendatang.

Oleh : drh. Pramu, MSc

DSC08740DSC08739

Tinggalkan komentar