Menu

STPP Magelang lepas 253 mahasiswa pendampingan ke lapangan

Senin, 09 April 2018, Ketua STPP Magelang melepas 253 mahasiswa untuk diterjunkan ke lapangan dalam rangka Pendampingan mahasiswa/alumni program swasembada pangan Kementerian Pertanian. 149 Mahasiswa Jurusan Penyuluhan Peternakan diterjunkan ke kabupaten Banjarnegara, Purbalingga, Kebumen, Semarang, dan Kendal. Sedangkan 104 Mahasiswa Jurusan Penyuluhan Pertanian ke Kabupaten Klaten, Sukoharjo dan Karanganyar.

Dalam rangka pencapaian target peningkatan produksi 7 (tujuh) komoditas strategis serta membantu tugas penyuluhan dan pendampingan  petani, Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian mencanangkan program pendampingan Mahasiswa/ Alumni sejak tahun 2015. Pada tahun 2018, kegiatan pendampingan Mahasiswa/ Alumni  melibatkan  15 Perguruan Tinggi dan 6 STPP di 17 provinsi se-Indonesia. Pendampingan oleh dosen dan Mahasiswa/ Alumni ini diselenggarakan  berkoordinasi dengan instansi terkait di tingkat Provinsi dan Kabupaten/ Kota, dan kelembagaan petani yang diharapkan dapat meningkatkan  produktivitas lahan dan produksi padi, jagung, kedelai, tebu, aneka cabai, bawang dan daging.

Selama 2 bulan penerjunan mahasiswa membantu penyuluh mendampingi petani guna mewujudkan swasembada pangan di lokasi sentra produksi pangan yaitu Kab. Kebumen, Purbalingga, Semarang, Kendal dan Banjarnegara dari tanggal 10 April hingga 9 Juni 2018, program pendampingan yang sedang mereka laksanakan. Demi suksesnya dua kegiatan tersebut perlu persiapan, untuk kegiatan pendampingan.

“Hari ini kami melepas kalian ke lapangan, dimanapun selalu ingat tugas kalian di masyarakat. Motivasi petani agar segera melakukan olah tanah, menyiapkan semaian, agar cepat panen, sehingga target tambah tanam dapat tercapai agar harapan tercapainya swasembada berkelanjutan dan lumbung pangan dunia dapat terwujud. Peranan kalian sangat diharapkan agar petani dapat berinovasi dan mampu mengaplikasikan teknologi pertanian, karena kita harus bangga dengan pertanian kita. “ pesan Ir. Ali Rachman, M.Si , Ketua STPP Magelang.  

Pada program ini STPP Magelang berkoordinasi dengan 4 PTM (Perguruan Tinggi Mitra) 2 Perguruan Tinggi di Jawa tengah, yaitu Universitas Sebelas Maret Surakarta dan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, sedangkan untuk wilayah Kalimantan, berkoordinasi dengan Universitas Tanjung Pura Kalimantan Barat dan Universitas Lambungmangkurat Kalimantan Selatan.(tantyanuar)

Tinggalkan komentar