Menu

Studi Banding ke PT. Lembah Hijau Multifarm

Guna menambah wawasan mahasiswa selain materi yang ada dikampus maka diadakan studi banding di PT. Lembah Hijau Multifarm (PT. LHM) di Kabupaten Sukoharjo (5 km dari kota Solo ke arah Tawangmangu) dan di Kabupaten Sragen (30 km dari kota Solo). PT. Lembah Hijau Multifarm merupakan perusahaan yang didirikan perusahaan yang didirikan pada tahun 1981 oleh Bapak Soeharto. Berawal  dari pemeliharaan 4 ekor sapi yang dipelihara di rumah beliau memulai usahanya,tetapi sebelum hasil apapun 2 ekor sapinya mati. Dari 2 ekor sapinya yang tersisa beliau berfikir bagaimana caranya agar usahanya tetap berkembang. Hingga akhirnya beliau memiliki ide untuk mengembangkan usahanya dengan menjual kotoran sapi. Usaha beliau mendapat cemoohan dari masyarakat sekitar namun beliau yakin bahwa usahanya akan berkembang. Seekor sapinya dijual dan dibelikan lagi menjadi spai-sapi yang masih kecil. Dan sekarang terbukti dari menjual kotoran mendapat keuntungan yang berlimpah. Hasil dari perusahaan yaitu berupa 5 emas, emas yang pertama yaitu emas putih ( susu sapi ), emas merah (daging sapi), emas hitam (kompos), emas kuning (kencing sapi ), dan yang terakhir yaitu emas biru (biogas ).

Mahasiswa Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian Magelang yang melaksanakan studi banding adalah mahasiswa Alih Jenjang yang berjumlah 27 orang dan selaku dosen pendamping adalah Yudi Hariyanto, SST, MP. Saat berada di PT. Lembah Hijau Multifarm mahasiswa dipandu oleh petugas setempat yaitu bapak Zahro, mahasiswa diajak melihat lihat tempat-tempat yaitu  Kandang Laktasi : Produksi susu pada sapi dikandang rata-rata 8 – 15 liter perhari  dalam 2 kali pemerahan (jam 4.00 pagi dan  jam 13.00) makanan berupa amofer jerami dan konsentrat;  Kandang pembesaran : disini kandang diberi alas serbuk gergaji ± 10 cm dan fases tidak dibersihkan tiap hari tetapi 3 minggu sekali dilakukan pembersihan total fases beserta alasnya diproses sebagai bokasi untuk dimanfaatkan menjadi pupuk pelet yang merupakan salah satu produk andalan; Kandang pedet : pedet ditempatkan dikandang ini 10 hari setelah lahir sampai dengan umur 3 bulan, pemberian susus dilakukan dengan menggunakan dot ± 4 liter/ekor/hari, beding (alas) kandang menggunakan jerami yang diganti setiap hari; Kebun tanaman hias terdapat berbagai macam tanaman yaitu gelombang cinta, gemani, kamboja jepang, lidah mertua dan lain-lain, tanaman tersebut diberi pupuk produksi sendiri berupa pupuk padat maupun cair yang sudah difermentasikan; Pemerliharaan ikan patin : ikan patin dipelihara pada kolam besar dengan kapasitas ± 2000 ekor, bibi tdidapat dari Dinas Perikanan dan dipelihara samapai dengan umur 7 bulan, saat mau dikonsumsi (panen) ± 2 bulan, pakan berupa pelet tenggelam dan pelet apung ditambah dengan pemberian azola pinata, keuntungan ikan patin tersebut yaitu bebas kolesterol dan terdapat kandungan omega 3.

Hasil yang didapat selama studi banding di PT. Lembah Hijau Multifarm yaitu Meningkatkan pemahaman tentang kewirausahaan di kalangan mahasiswa agar menjadi wirausahawan yang berwawasan jauh ke depan dan luas, berbasis ilmu yang telah diperolehnya. Dapat meningkatkan pemahaman manajemen, memperkenalkan cara melakukan akses informasi pasar,  informasi teknologi,  cara pembentukan jaringan kemitraan usaha dan akses pendukung lainnya bagi mahasiswa dan alumni, agar lebih siap dalam bekal untuk mengelola usaha. Serta dapat mengembangkan sistem pembelajaran kewirausahaan secara formal yang terintegrasi dalam pendidikan program sarjana.

Tinggalkan komentar