Menu

Sukseskan Program Kostra Tani, Polbangtan YoMa Manfaatkan Teknologi GIS

Data foto udara kawasan pertanian menjadi bagian penting dalam optimalisasi program nasional Kostra Tani Kementerian Pertanian RI.

Untuk keperluan tersebut Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang (Polbangtan YoMa) bersama unit pelaksana teknis di bawah Pusat Pendidikan Pertanian (Pusdiktan) Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) melaksanakan pelatihan pemetaan foto udara menggunakan drone. Dengan teknologi geographic information system (GIS).

Kegiatan yang digelar pada 17-21 Februari 2020 tersebut melibatkan tenaga pendidik dan kependidikan. Bekerja sama dengan CV Globalindo Multispek SinauGIS Jogja.

Kegiatan itu dibuka Direktur Polbangtan YoMa Dr Rajiman MP, mewakili kepala Pusdiktan.
Dikatakan, pelatihan drone bertujuan mempersiapkan para tenaga pendidik dan kependidikan agar bisa berpartisipasi dalam pendampingan petugas balai penyuluhan pertanian (BPP) tingkat kecamatan.

“Pendampingan selama program Kostra Tani berjalan untuk membangun pertanian Indonesia,” tuturnya.

Pelatihan diawali dengan pengenalan pernik-pernik drone dan fungsinya. Selain pemetaan foto udara lahan pertanian, para peserta berlatih teknik penginderaan jauh, fotogrametri, perencanaan jalur terbang untuk pemetaan, praktik terbang operasional drone, dan pengolahan data foto udara dengan aplikasi GIS. Serta pembuatan layout peta tematik. (*/yog/ila)

 

Sumber : https://radarjogja.jawapos.com/2020/02/25/sukseskan-program-kostra-tani-polbangtan-yoma-manfaatkan-teknologi-gis/

Tinggalkan komentar