Upacara HUT RI ke-77, Polbangtan Yogyakarta – Magelang Ajak Pertahankan Kemerdekaan dengan Handarbeni

MAGELANG. Upacara Kemerdekaan menjadi puncak dari seluruh rangkaian acara memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-77. Menjadi momen bangkit dari pandemi Covid-19, upacara kemerdekaan di Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta – Magelang (Polbangtan YoMa) dibubuhi semangat handarbeni oleh pembina upacara (17/08/2022).

Mewakili Direktur Polbangtan YoMa, Wakil Direktur 2, Akimi, menghimbau seluruh peserta upacara untuk mensyukuri kemerdekaan dengan terus berjuang membangun bangsa.

“Pahlawan Republik Indonesia telah memperjuangkan kemerdekaan. Saatnya kita mengisi hari dengan pembangunan, melibatkan seluruh komponen masyarakat”, ajak Akimi.

Dalam melakukan pembangunan, Ia menyebutkan bahwa masyarakat perlu memiliki prinsip handarbeni. “Ayo kita bergotong – royong melakukan pembangunan, dengan prinsip handarbeni agar terjaga kelestariannya, menambah manfaat, dan menjaga kemerdekaan yang telah diperjuangkan.”

Seperti kita ketahui, handarbeni adalah sikap merasa bangga dan memiliki yang diwujudkan dalam tindakan menjaga, merawat, dan membela.

Dilaksanakan di lapangan utama Politeknik Pembangunan Pertanian Jurusan Peternakan, seluruh civitas akademika hadir mengikuti upacara.

Pada kesempatan ini, Akimi mengajak civitas akademika untuk menjalankan tugas dan amanah dengan baik, tanpa terkecuali. “Salah satu tugas yang harus dipegang teguh oleh kita adalah disiplin. Termasuk mahasiswa sebagai bagian dari civitas akademika, harus patuh dan menaati tata tertib yang berlaku.”

Amanah diakhiri dengan 3 kali pekik kemerdekaan, menggelorakan semangat seluruh peserta upacara untuk bersama – sama memperjuangkan pembangunan sesuai dengan tugas masing – masing, dengan prinsip handarbeni. (osi/ YOMA)

Tinggalkan komentar