Menu

Civitas Akademika Polbangtan Yogyakarta Magelang Meriahkan World Clean Up Day

Jum’at (14/09/2018) civitas akademika POLBANGTAN (Politeknik Pembangunan Pertanian) Yogyakarta-Magelang meriahkan kegiatan “World Cleanup Day” (Hari Sampah Sedunia) dengan kegiatan yang sangat bermanfaat yakni membersihkan lingkungan dalam dan lingkungan sekitar kampus Polbangtan.

            Kegiatan yang bertemakan “Conecting People To Nature” disusun dengan tujuan agar insan sebagai manusia yang diciptakan hidup berdampingan derngan alam dapat ikut serta melestarikan dan merawat lingkungan sekitarnya. Global Warning, efek rumah kaca, polusi, dan pembuangan sampah sembarangan adalah beberapa contoh hal yang wajib dicegah dan dihentikan pelaksanaannya.

Dalam sambutannya, Wakil Ketua III Polbangtan Yogyakarta-Magelang menyampaikan agar seluruh civitas akademika dapat berperan aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan tidak hanya di lingkungan kampus saja namun dimana saja insan berada.

            Sebanyak 149 mahasiswa semester V, 140 mahasiswa semester III, 140 mahasiswa semester I, dan seluruh karyawan sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Kegiatan pungut sampah dan sapu bersih lingkungan ini sudah dibagi dalam beberapa tempat sesuai dengan civitas akademika yang ada. Sampah yang dikumpulkanpun dibagi dalam beberapa golongan yakni sampah organik (dedaunan, ranting pohon, kulit buah, dll) dan anorganik (plastik, kaleng, ban, sandal jepit, botol plastik, dll).

            Sampah yang telah terkumpul tidak serta merta dibuang begitu saja, namun akan dikumpulkan untuk sampah anorganik kemudian dijual. Hasil penjualan sampah anorganik yang terkumpul ini akan disumbangkan ke kegiatan bakti sosial, dan untuk sampah organik secara bersamaan akan diolah menjadi kompos.

            Masyarakat di desa sekitar mendukung dengan adanya kegiatan peringatan ini, mereka secara sukarela juga membantu mahasiswa dalam membersihkan lingkungan

Tinggalkan komentar