Menu

Kunjungan Prof. Dr. E.R. Orskov dari The James Hutton Institute, Aberdeen, Scotland, UK Ke STPP Magelang

1Prof. Dr. E.R. Orskov pada hari Jum’at tanggal 29 April 2013 berkunjung ke STPP Magelang Jurusan Peternakan yang didampingi oleh Prof. Dr. Ir. Kustantinah, guru besar dari Fakultas Peternakan UGM Yogyakarta, beserta rombongan. Tamu Rombongan diterima oleh Pembantu Ketua II STPP Magelang, Ir. Sumaryanto, MM di ruang Lobby. Setelah beramah-tamah sejenak, Prof. Orskov beserta rombongan berkeliling mengunjungi beberapa Laboratorium yang ada di Jurusan Peternakan STPP Magelang.

Laboratorium Pengujian Mutu Pakan adalah yang pertama kali dikunjungi. Para tamu melihat alat-alat pengujian mutu pakan yang tersedia dan berdiskusi tentang tatacara pengelolaan sebagian alat yang ada. Kunjungan berikutnya adalah di Laboratorium Reproduksi dan Kesehatan Hewan. Di laboratorium ini, para tamu mengamati prosedur pengamatan semen sapi yang dibekukan yang akan digunakan untuk Inseminasi Buatan. Selanjutnya kunjungan di Laboratorium Industri Pakan meliputi pemanfaatan pakan di musim penghujan dan musim kemarau serta komposisi pakan ternak yang digunakan. Selain pemanfaatan jerami padi yang diolah dengan starbio dan urea, berbagai macam bahan pakan lokal telah dimanfaatkan di STPP sebagai komposisi pakan ternak diantaranya onggok, kulit kopi, bekatul dan lain-lain. Pemanfaatan pakan ternak juga perlu dipertimbangkan tentang efisiensi penggunaan biaya dan manfaat yang dihasilkan pada ternak. Kunjungan berikutnya ke Laboratorium Ternak Besar dan Kebun Rumput STPP Magelang dan Laboratorium Ternak Kecil, yang kemudian dilanjutkan ke  Laboratorium Ternak Besar untuk melihat pemanfaatan jerami padi olahan sebagai pakan ternak sapi potong maupun perah. Kunjungan terakhir yaitu di Laboratorium Ternak Kecil, Prof. Orskov memberikan masukan terhadap pengembangan ternak kambing perah yang lebih potensial dibanding dengan ternak sapi, disebabkan harga susu kambing yang bisa empat kali lipat lebih mahal dibanding susu sapi.

Demikian tadi berita kunjungan Prof. Orskov  beserta Prof. Kustantinah ke STPP Magelang.  Kedepannya Prof. Kustantinah  mengharapkan adanya jalinan kerjasama yang lebih erat antara Jurusan Peternakan STPP Magelang dengan Fakultas Peternakan UGM Yogyakarta.

2

3

4

Tinggalkan komentar