Menu

Seni Tari Jathilan STPP Magelang

DSC_0383Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Jurusan Penyuluhan Peternakan, kembali melestarikan kesenian tradisional, berupa seni tari jathilan, kesenian seni tari jatilan ini bukan semata-mata mementaskan trinya, namun membawa misi tersendiri yang erat sekali hubungannya dengan dunia peternakan. Adapun seni jathilan ini oleh STPP Magelang diwadahi dalam kegiatan extra kurikuler bagi mahasiswa yang berminat di baidan seni ini. Kegiatan ini juga tak lepas dari peran institusi ini yang sepenuhnya mendukung dari segi moril maupun materiil yang diwadahi Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (UPPM), maupun laboratorium penyuluhan yang ada di STPP Magelang.

Adapun para pemain jatilan ini utamanya mahasiswa yang berkolaborasi dengan para dosen dan karyawan STPP Magelang. Pada dasarnya STPP Magelang pada tahun era tahun 90 an juga pernah mementaskan seni tari jatilan ini. Bahkan pada era tersebut juga pernah pentas di BPPSDMP Jakarta, di Universitas Gajah Mada Jogjakarta, dan masih banyak lagi pentas di Kelompok tani binaan STPP Magelang. Lakon-lakon yang dipentaskan juga erat sekali dengan dunia peternakan, diantaranya, perawatan kesehatan ternak, pengolahan pakan dan pemberian pakan ternak, agribisnis ternak, dan masih banyak lakon-lakon yang pernah dipentaskan.

Pementasan yang pertama pada tahun ini dilaksanakan pada tanggal 03 Nopember 2013, ditempatnya salah satu dosen STPP Magelang yang bertempat tinggal di yogyakarta, dengan mendapat sambutan yang antusias dari masyarakat setempat.

DSC_0293DSC_0319DSC_0380DSC_0329

Tinggalkan komentar