Menu

Perawatan Ternak Ruminansia Kecil Ternak Kambing dan Domba

Bincang agribisnis STPP Magelang kaliini selaku narasumber adalah mahasiswa yang didampingi oleh Dosen STPP Magelang, dalam bincang agribisnis kali ini mengambil tema “Perawatan Ternak Ruminansia Kecil Ternak Kambing dan Domba” dalam pemaparan tersebut adalah sebagai berikut, Ternak Ruminansia kambing dan domba pada umumnya di gemari oleh masyarakat dan dalam skala usaha masyarakat masih sangat minim tentang perawatanya.Disamping itu kambing dan domba termasuk usaha sampingan walaupun hasil cukup lumayan.Oleh karena itu dalam usaha peternakan kambing dan domba perlu adanya perawatan khusus agar ternak bisa prodoktif sesuai dengan harapan. Adapun perawatan ternak meliputi:

1 .Pencukuran bulu

Pencukuran bulu sangat penting dengan tujuan agar ternak terhindar dari kutu yang bisa menyebabkan ternak terjangkit suatu penyakit. Pencukuran dilakukan 2x dalam setahun. Pertama : pencukuran dilakukan setelah ternak umur 7 bulan setelah lahir Kedua   : pencukuran dilkukan pada musim kemarau. Sebelum dicukur sebaiknya ternak dimandikan terlebih dahulu agar proses pencukuan ternak tidak terasa sakit.

2. Memandikan ternak.

Kambing dan domba agar kelihatan rapi dan bersih selain pencukuran bulu juga, harus dimandikan.yaitu : di mandikan ternak itu sendiri ,dimandikan dengan diterjen, dimandikan sambil pengobatan misal diberi lisol. Sebaik nya memandikan ternak yang sangat tepat yaitu lx dalam satu minggu.

3. Memotong kuku.

Kegiatan dilakukan apabila ternak kukunya kelihatan panjang maka perlu dilakukan pemotongan kuku.dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Pada waktu ternak umur 6 bulan di lakukan setiap 3 bulan sekali
  • Untuk ternak pemacek posisi kaki harus tegak lurus dan agar kuku yang panjang tidak sobek maka kuku perlu dipotong supaya disela – sela kuku tidak dihinggapi telur lalat dan akan terjangkit penyakit kuku.

4. Pemotongan tanduk

Tanduk perlu dipotong apabila menggangu ternak itu sendiri dan ternak yang lainya tetapi jika tanduk sudah bagus dan rapi maka tidak perlu di potong karena akan mempengaruhi harga jual ternak tersebut.

Pemotongan tanduk ada 3 (tiga ) cara :

  1. Mengunakan besi
  2. Mengunakan soda api.
  3. Mengunakan gergaji.

Demikianlah cara perawatan ternak ruminansia secara intensif agar dalam usaha peternakan dapat hasil yang optimal.

Tinggalkan komentar