Menu

Praktek Lapang IB di Rembang

Mahasiswa Tingkat III yang berjumlah 78 orang melakukan kegiatan praktik lapangan di Kabupaten Rembang Provinsi Jawa Tengah selama 4 hari yaitu pada tanggal 8 s/d 11 Februari 2018. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengukur keterampilan mahasiswa dalam melakukan inseminasi buatan setelah adanya pelatihan berupa teori,  praktik, dan diskusi di kampus STPP Magelang pada tanggal 25 Januari sampai dengan 7 Februari 2018.

rembang_

      Lembaga STPP Magelang  telah memiliki kerjasama dengan Dinas Peternakan Kabupaten Rembang , sehingga pelaksanaan praktik lapangan bidang inseminasi buatan  setiap tahunnya ditempatkan di daerah tersebut. Selain itu, karena Kabupaten Rembang merupakan salah satu wilayah yang memiliki jumlah akseptor jenis Sapi PO terbanyak di Jawa Tengah. Dinas Peternakan Kabupaten Rembang memiliki 40 inseminator dan 37 pos pelayanan inseminasi buatan sehingga dalam pembagian kelompok yaitu 1 inseminator mendampingi 2-3 mahasiswa sesuai dengan wilayah kerjanya. Salah satu wilayah yang ditempati yaitu di Desa Kalipang,  Kecamatan Sarang, Kabupaten Rembang.

rembang

      Teknis pelaksanaan kegiatan yang dilakukan yaitu mahasiswa melakukan inseminasi buatan terlebih dahulu dari thawing dan memasukkan gun ke posisi servik cincin 4 kemudian dicek oleh inseminator apakah gun telah benar masuk atau menyamping, setelah itu,  jika posisi gun sudah benar semen beku  ditembakkan oleh mahasiswa. Adanya respon yang positif dari peternak mengenai kegiatan inseminasi buatan yang dilakukan oleh mahasiswa STPP Magelang, menjadikan mahasiswa lebih giat dan semangat dalam kegiatan serta menumbuhkan motivasi mahasiswa untuk lebih mendalami ilmu tentang inseminasi buatan baik teorinya, maupun praktiknya, sehingga dapat dijadikan bekal untuk  masa depan. (Nawal Ashilah dan Nurmaningsih)

rembang

Tinggalkan komentar